PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KOPI RAGA DADUAN (KOTAK PINTAR RANGKAI GAMBAR DAUR HIDUP HEWAN) TEMA 6 SUBTEMA 1 MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV

Wijayanti, Riska (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KOPI RAGA DADUAN (KOTAK PINTAR RANGKAI GAMBAR DAUR HIDUP HEWAN) TEMA 6 SUBTEMA 1 MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206049-RISKA WIJAYANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206049-RISKA WIJAYANTI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206049-RISKA WIJAYANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206049-RISKA WIJAYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206049-RISKA WIJAYANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206049-RISKA WIJAYANTI-BAB 5.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran
berupa Kopi Raga Daduan (Kotak Pintar Rangkai Gambar Daur Hidup Hewan) yang valid
digunakan pada materi Daur hidup hewan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
media pembelajaran Kopi Raga Daduan sehingga siswa mampu mengetahui sekaligus
memahami daur hidup hewan dengan jelas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development)
menurut Sugiyono dengan 10 tahapan: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan data; (3)
Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi
Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; (9) Revisi Produk; serta (10) Produksi Masal (tidak
dilakukan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes tulis, dokumentasi,
wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kopi Raga Daduan
layak sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli materi
dan ahli media. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan pada kelompok kecil dan
kelompok besar yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari aspek kognitif,
aspek afektif . Pada hasil uji coba kelompok kecil aspek kognitif yang mengalami
peningkatan hasil belajar sebesar 40%, aspek afektif 80% dan aspek psikomotor sebesar
96%. sedangkan hasil uji coba kelompok besar aspek kognitif yang mengalami peningkatan
hasil belajar sebesar 60%, aspek afektif 41% dan aspek psikomotor sebesar 88%.
Berdasarkan dari hasil yang telah diolah setelah melalui beberapa tahap yang telah
dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media Kopi Raga Daduan (Kotak pintar rangkai
gambar daur hidup hewan) pada materi Daur Hidup Hewan yang dikembangkan dan setelah
melalui beberapa revisi maka dinyatakan “layak” untuk digunakan sebagai media
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kopi Raga Daduan. Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:16
Last Modified: 11 Jan 2025 04:16
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item
View Item