Wati, Sinta Dewi Rachma (2025) ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 3 SUMBERPUCUNG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206053-SINTA DEWI RACHMA WATI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206053-SINTA DEWI RACHMA WATI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206053-SINTA DEWI RACHMA WATI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206053-SINTA DEWI RACHMA WATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206053-SINTA DEWI RACHMA WATI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206053-SINTA DEWI RACHMA WATI-BAB 5.pdf
Download (328kB)
Abstract
Saat ini, Indonesia tengah mengalami degradasi mental dimana fenomena
kenakalan remaja marak terjadi dimana-mana. Hal ini menunjukkan bahwa para
pelajar sedang mengalami krisis karakter. Pemerintah telah mencanangkan
pendidikan karakter yang terintegrasikan dalam setiap mata pelajaran melalui
Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi dan karakter. Adanya pandemic Covid
19 menjadikan pemerintah Indonesia untuk mengintruksikan setiap lembaga
pendidikan melaksanakan pembelajaran secara daring. Adapun fokus penelitian ini
yaitu mengetahui penerapan, konsep pengembangan, serta faktor yang
mempengaruhi pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran daring di SD
Negeri 03 Sumberpucung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula. Proses pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran
daring di SD Negeri 03 Sumberpucung sudah baik. Hal ini terbukti dari perangkat
pembelajaran yang didesain mengacu pada pendidikan karakter. Konsep
pengembangan yang dilakukan melalui kegiatan sehari-hari yang berbasis religius
dan lingkungan. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter siswa melalui
pembelajaran daring adalah lingkungan dan fasilitas. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah siswa, guru, orangtua, fasilitas kurang memadai, dan waktu.
Beberapa faktor penghambat tersebut dapat diatasi sekolah dengan cara home visit,
konseling, kembali ke kesepakatan awal, konsultasi orangtua, pemberitahuan, serta
sabar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 04:24 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/789 |