PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUBTEMA 2

Fandini, Triya Intan (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUBTEMA 2. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206059-TRIYA INTAN FANDINI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206059-TRIYA INTAN FANDINI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206059-TRIYA INTAN FANDINI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206059-TRIYA INTAN FANDINI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206059-TRIYA INTAN FANDINI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206059-TRIYA INTAN FANDINI-BAB 5.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berupa aplikasi plotagon yang layak dan valid digunakan pada materi tema 6
subtema 2 dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Manfaat media
plotagon dapat mempermudah siswa dalam belajar mandiri, dapat meningkatkan
motivasi siswa dan minat siswa serta menarik perhatian siswa dalam proses
pembelajaran daring terutama pada siswa kelas 2 sekolah dasar, sehingga hasil
belajar kognitif siswa meningkatkan.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and
Development) dengan pengembangan 4D, ada 4 tahapan (1) Define (2) Design (3)
Development (4) Dessiminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD
Negeri 4 Balesari. Teknik instrumen data dalam penelitian adalah soal tertulis dan
angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran plotagon
layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi
berdasarkan saran ahli materi dan ahli media. Persentase kelayakan yang
diberikan oleh ahli media sebesar 98% dan oleh ahli materi sebesar 98% dengan
kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran. Uji coba angket respon siswa
kelompok kecil tentang penggunaan media pembelajaran plotagon sebesar 92%,
sedangkan pada kelompok besar sebesar 96%, menunjukkan bahwa media
layak/valid digunakan.
Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan peningkatan sebesar 62,5%
yakni pada presentase pretest mendapatkan 37,5% dan presentase posttest
mendapatkan 100%, pada uji coba kelompok besar mengalami peningkatan
sebesar 29% yakni presentase prestest 28% dan postest 100%. Berdasarkan hasil
penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan, media plotagon pada tema
6 sub tema 2 tentang merawat hewan dan tumbuhan efektif digunakan sebagai
media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 2
sekolah dasar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Plotagon, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:40
Last Modified: 11 Jan 2025 04:40
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item
View Item