Adawiyah, NUR ROBI’ATUL (2025) “HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN COPING STRES PADA SISWA MADRASAH ALIYAH MAMBAUL ULUM BANTUR”. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201051-NUR ROBI'ATUL ADAWIYAH-BAB 1.pdf
Download (3MB)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201051-NUR ROBI'ATUL ADAWIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201051-NUR ROBI'ATUL ADAWIYAH-BAB 5 (2).pdf
Download (324kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan stress akademik dengan
coping stress di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bantur. Bentuk penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket/quisioner, wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis
korelasi produk moment di peroleh nilai r hitung variabel coping stress dan stress
akademik adalah 0,464 sedangkan nilai r tabel dengan N = 30 adalah 0,010,
karena r hitung > r tabel maka dikatakan ada kolerasi. Hal ini menunjukkan
adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel coping stress dan
stress akademik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil peneliti deskripsi analisis coping
stress bahwa siswa siswi Madrasah Aliyah Mambaul Ulum sebanyak 5.05%
menggunakan problem focused coping, dan sebanyak 7.57% menggunakan
emotional focus coping. Yang dapat dilihat dari hasil deskripsi analisis bahwa
siswa siswi siswi MA Mambaul Ulum Bantur mengalami gejala stress sebanyak
6.90%, yang disebabkan oleh factor internal sebanyak 3.30% dan yang disebabkan
oleh factor eksternal sebanyak 6.70%. Jadi factor eksternal menjadi penyumbang
terbesar penyebab siswa siswi mengalami stress akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coping Stress, Stress Akademik. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:27 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:27 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/812 |