IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA CV. SETIA REKSA AMANAH)

Zahroh, Aisi Kholilatul (2025) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA CV. SETIA REKSA AMANAH). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-201864290003-AISI KHOLATUL ZAHRO-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-201864290003-AISI KHOLATUL ZAHRO-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-201864290003-AISI KHOLATUL ZAHRO-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-201864290003-AISI KHOLATUL ZAHRO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-201864290003-AISI KHOLATUL ZAHRO-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-201864290003-AISI KHOLATUL ZAHRO-BAB 5.pdf

Download (310kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap setiap bidang kehidupan
masyarakat, salah satunya yaitu pada sektor perekonomian. Dalam dunia bisnis
baik yang bergerak di bidang jasa dan sektor produksi mengalami berbagai
permasalahan, seperti penurunan omzet penjualan yang signifikan, kurangnya
pelanggan, pengurangan tenaga kerja, kesulitan dalam memperoleh bahan baku,
dan adanya hambatan produksi serta distribusi produk. Ketika kondisi pandemi,
industri konveksi atau pakaian jadi mengalami pengurangan yang diakibatkan oleh
turunnya permintaan masyarakat karena perubahan pola konsumsi. Covid-19
menyebabkan banyak terjadinya pelanggaran dari para pelaku bisnis yang
berusaha mempertahankan usahanya dengan menghalalkan segala cara untuk
mendapatkan hasil yang diharapkan termasuk dalam menentukan strategi
pemasarannya, sehingga mengandung perilaku tidak Etis atau keluar dari prinsip
Etika Bisnis Islam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan
strategi pemasaran untuk mengembalikan eksistensi para pelaku bisnis pasca
pandemi Covid-19.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana
strategi pemasaran yang diterapkan pasca pandemi covid-19, dan 2) untuk
mendeskripsikan kesesuaian antara strategi pemasaran yang diterapkan dengan
etika bisnis islam. Penelitian ini di dasari dengan adanya dampak pandemi Covid
19 terhadap bisnis konveksi di CV. Setia Reksa Amanah. Diantara dampak yang
ditemukan oleh peneliti yaitu adanya kesulitan dalam memperoleh bahan baku dan
melambatnya proses distribusi barang.
Dalam rangka mencapai tujuan diatas, maka peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara , dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
cara mereduksi data, memaparkan data (display data), dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pemasaran yang
diterapkan CV. Setia pasca pandemi yaitu menggunakan model bauran
pemasaran 7p yang mencakup product, price, promotion, place, people, procces,
dan physical evidence, 2) CV. Setia Reksa Amanah dalam menerapkan strategi
pemasarannya sudah sesuai dengan etika bisnis islam, hal ini dibuktikan dengan
sudah terpenuhinya prinsip etika bisnis islam yang diterapkan, yang meliputi
prinsip kesatuan, keseimbangan, kebenaran, tanggungjawab dan kehendak
bebas. Namun yang menjadi kekurangan yaitu terdapat pada prinsip kesatuan,
lebih tepatnya pada strategi promosi yang mana dalam promosi melalui media
online belum secara maksimal menyampaikan informasi secara detail dan
terperinci terkait produk yang ditawarkan dan hal lain terkait perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Strategi pemasaran, pacsa pandemi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:55
Last Modified: 26 Feb 2025 02:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item
View Item