ANALISIS PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA LKS (VISUAL) TERHADAP PEMBELAJARAN IPS KLS VIII DI MTS MAMBAUL ULUM BANTUR

Anitasari, Diana (2025) ANALISIS PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA LKS (VISUAL) TERHADAP PEMBELAJARAN IPS KLS VIII DI MTS MAMBAUL ULUM BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207022-DIANA ANITASARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207022-DIANA ANITASARI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207022-DIANA ANITASARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207022-DIANA ANITASARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207022-DIANA ANITASARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207022-DIANA ANITASARI-BAB 5.pdf

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik
pada pelajaran IPS Kelas VIII MTs.Mambaul Ulum Bantur. Banyak faktor yang
peneliti temuai dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi aktifitas dan
Motivasi belajar seperti: 1) kurangnya antusias pada pesrta didik dalam
pembelajaran IPS, maka untuk mengatasi masalah tersebut guru menerapkan
metode Diskusi Kelompok agar aktivitas dan motivasi belajar peserta didik
meningkat.
Adapun rumusan masalahpenelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan
pembelajaran IPS di MTs. Mambaul Ulum Bantur kelas VIII dalam menggunakan
metode diskusi kelompok dengan menggunakan Media Visual ?2. Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran IPS di MTs. Mambaul Ulum Bantur kelas VII dalam
menggunakan metode diskusi kelompok dengan menggunakan Media Visual ?
3. Bagaimana Evaluasi Metode Diskusi kelompok dengan menggunakan Metode
Visual dalam pembelajaran IPS di Kelas VII MTs.Mambaul Ulum Bantur?
Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah penggunaan Metode diskusi
Kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar peseta didik kelas VIII MTs.
Mambaul Ulum Bantur pada mata pelajaran IPS.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Peneliti
melaksanakan penelitian ini melaui dua siklus yaitu siklus Idan siklus II.dengan
langkah-langkah sebagai berikut:1)perencanaan,2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4)
refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument peneliti
yang diperlukan meliputi: wawancara ,tes ,lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode diskusi
kelompok terbukti dapat memotivasi dan meningkatkan belajar peserta didik
dalam pembelajaran IPS di MTs. Mambaul Ulum Bantur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:06
Last Modified: 26 Feb 2025 03:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item
View Item