Susanti, Esti Ema (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIIIA SMP NU RIYADLUL QUR’AN NGAJUM PADA MASA PPKM LEVEL 2. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207013-ESTI EMA SUSANTI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207013-ESTI EMA SUSANTI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207013-ESTI EMA SUSANTI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207013-ESTI EMA SUSANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207013-ESTI EMA SUSANTI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207013-ESTI EMA SUSANTI-BAB 5.pdf
Download (542kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran tatap muka terbatas di
SMP NU Riyadlul Qur’an Ngajum mengalami kesulitan dalam menerapkan
menggunakan sistem shift sesuai peraturan pemerintah. Pada awalnya di SMP NU
Riyadlul Qur’an Ngajum, pernah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas
dengan menggunakan sistem shift, tetapi mengalami kendala dalam pelaksanaan
pembelajaran, karena sebagian besar peseta didik berada dilingkungan pondok
pesantren yang setiap harinya sudah terbiasa berkumpul. Pada akhirnya dari pihak
sekolah memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka
terbatas tanpa menerapkan sistem shift dan peserta didik melakukan pembelajaran
didalam kelas dengan jumlah peserta didik normal dengan mengurangi waktu
pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah dan mematuhi protokol kesehatan.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di kelas VIIIA
SMP NU Riyadlul Qur’an Ngajum pada masa PPKM level 2. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik
pengumpulan data penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil ketua kurikulum, semua guru
IPS dan semua peserta didik di SMP NU Riyadlul Qur’an, dan sampelnya adalah
salah satu guru IPS kelas VIIIA dan peserta didik kelas VIII A SMP NU Riyadlul
Qur’an.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran tatap
muka terbatas pada mata pelajaran IPS di kelas VIIIA SMP NU Riyadlul Qur’an
Ngajum adalah melakukan vaksinasi kepada seluruh peserta didik, para guru, dan
pihak sekolah lainnya, mempersiapkan sarana dan prasarana. Guru IPS juga
mempersiapkan bahan ajar, lembar kerja yang akan digunakan, metode dan media
pembelajaran, membuat RPP, program tahunan, dan program semester. 2)
Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di kelas
VIIIA SMP NU Riyadlul Qur’an Ngajum pada masa PPKM level 2 adalah
dilaksanakan tanpa menggunakan sistem shift dan masuk kelas tanpa menjaga
jarak antara peserta didik satu dengan lainnya dengan tetap mematuhi protokol
kesehatan. Jam pembelajaran dikurangi. Materi yang disampaikan Guru lebih
dipadatkan. Guru IPS menggunakan pendekatan santifik, mempersiapkan media
gambar dan video, serta menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, dan
Tanya jawab. Guru IPS menggunakan strategi pembelajaran kelompok hetrogen.
3) Evaluasi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPS di kelas
VIIIA SMP NU Riyadlul Qur’an Ngajum pada masa PPKM level 2 adalah
mencakup tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotorik dikembangkan
melalui bentuk penilaian tes dan non tes.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tatap Muka Terbatas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:08 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:08 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/864 |