PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING (TUTOR SEBAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KELAS VII DI SMP PROGRESIF ZAINUL ULUM

Muamalah, Husnul (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING (TUTOR SEBAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KELAS VII DI SMP PROGRESIF ZAINUL ULUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207011-HUSNUL MUAMALAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1584207011-HUSNUL MUAMALAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207011-HUSNUL MUAMALAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1584207011-HUSNUL MUAMALAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207011-HUSNUL MUAMALAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1584207011-HUSNUL MUAMALAH-BAB 5.pdf

Download (397kB)

Abstract

Sebanyak 77,27% siswa kelas VII di SMP Progresif Zainul Ulum dalam
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Kriteria Kelulusan Minimal 75.
Dalam penyampaian materi, guru masih menggunakan metode ceramah dan
sebagian besar siswa belum bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Tujuan
dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode
pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
penerapan dua siklus. Data penelitian diperoleh dari tes yang diadakan setiap siklus.
Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 22 siswa, yaitu siswa kelas VII di
SMP Progresif Zainul Ulum.
Penelitian ini mengungkapkan hasil bahwa model pembelajaran peer
tutoring (tutor sebaya) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran IPS Sejarah materi Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Pra
aksara (Hindu-Buddha dan Islam). Data kuantitatif menunjukkan siklus I
memperoleh peningkatan 50% atau 11 peserta didik tuntas. Selanjutnya, pada siklus
II meningkat lagi menjadi 81,82% atau sebanyak 18 peserta didik nilainya di atas
KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: peer tutoring, siklus, model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:09
Last Modified: 26 Feb 2025 03:09
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item
View Item