PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANTUR

Ratnasari, Novita Revi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207020-REVI NOVITA RATNASARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207020-REVI NOVITA RATNASARI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207020-REVI NOVITA RATNASARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207020-REVI NOVITA RATNASARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207020-REVI NOVITA RATNASARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207020-REVI NOVITA RATNASARI-BAB 5.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan
Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi Dalam
Pembelajaran Ips Kelas Vii Di SMP Negeri 2 Bantur tahun ajaran 2021/2022.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh
penggunaan Model Discovery Learning terhadap keterampilan komuniksi dalam
pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Bantur, dan Apakah Model Dicovery
Learning efektif digunakan pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2
Bantur.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dalam pengumpulan
data, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, angket dan
dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa siswi kelas vii
di SMPN 2 Bantur yang berjumlah 219. Dalam penelitian ini menggunakan sampel
total sejumlah 62. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melalui penyebaran
angket dengan pengukuran menggunkan skala likert.
Hasil yang ditemukan dalam penelitian dari analisis yang dilakukan oleh
peneliti adalah bahwa“ Pengaruh Penggunaan model Discovery Learning terhadap
Keterampilan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPS kelas vii di SMP Negeri 2
Bantur” adalah sebesar 0,272. Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini
menunjukkan bahwa t hitung sebesar = 3,291 > t tabel 1,984 dan memiliki nilai
signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho di
tolak dan Ha diterima, artinya adalah menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan antara penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan
Komunikasi siswa di SMPN 2 Bantur. Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran
menggunakan Model Discovery Learning telah memberi dampak meningkatkan
keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajara IPS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Model Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:20
Last Modified: 26 Feb 2025 03:20
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item
View Item