Susilowati, Susilowati (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP GROUP PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS DARUL HIKAM BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207028-SUSILOWATI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207028-SUSILOWATI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207028-SUSILOWATI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207028-SUSILOWATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207028-SUSILOWATI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207028-SUSILOWATI-BAB 5.pdf
Download (549kB)
Abstract
Saat ini dunia dihadapkan dengan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus
dengan istilah covid 19. Seiring dengan melonjaknya angka kasus positif covid 19
di Indonesia mendesak pemerintah untuk segera menangani pandemi covid 19 ini.
Berbagai kebijakan telah dilakukan, seperti menerapkan physical distancing,
PSBB, lockdown, dan gerakan 5M. Dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut
tentu menimbulkan dampak bagi sebagian besar aspek kehidupan, khususnya pada
aspek pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka
menjadi menjadi tidak bisa dilaksanakan. Sehingga pemerintah mengeluarkan
kebijakan agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan. Salah satu solusi yang
ditawarkan pemerintah adalah mengubah pembelajaran tatap muka menjadi
pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan menggunakan media online.
Media online ditunjang dengan berbagai filtur-filtur pembelajaran yang dibuat
layaknya seperti pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mendeskripsikan perencanaan penggunaan media whatsapp group pada
pembelajaran ips di mts Darul Hikam Bantur , (2) Mendeskripsikan pelaksanaan
penggunaan media whatsapp group pada pembelajaran IPS di Mts Darul Hikam
Bantur, (3) mendeskripsikan evaluasi penggunaan media whatsapp group pada
pembelajarn IPS di mts darul hikam bantur. Untuk menjawab pertanyaan di atas,
penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan
di MTs Darul Hikam Bantur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data
melalui tahapan-tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara
untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1)
Dalam perencanaan pembelajaran menggunakan whatsapp group guru terlebih
dahulu menyiapkan RPP, memilih metode pembelajaran dan alat bantu yang
relevan yakni menggunakan video, menentukan cara evaluasinya yakni dengan
mengumpulkan resume atau mengerjkan soal latihan, setiap pagi sebelum
pembelajaran dimulai guru selalu mengirim instruksi pembelajaran melalui group
Whatshapp, sebelum membuat video pembelajaran dan memilih materi guru juga
mencari referensi yang mendukung di google atau browser yang lainnya untuk
disampaikan kepada peserta didik guna untuk menambah pengetahuan. (2)
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media whatsapp group guru selalu
mengeshare materi pembelajaran setiap hari sebelum pukul 07.00, dan guru juga
memberikan motivasi di akhir video pembelajaran kepada peserta didik supaya
peserta didik selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran meskipun daring,.
(3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaraan melalui media whatsapp group , yaitu dengan cara melihat hasil belajar peserta didik
seberapa jauh peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan guru.
Selain itu guru juga melihat kemampuan siswa berdasarkan soal yang di berikan
oleh guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan,Pelaksanaan Dan Evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:25 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:25 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/888 |