MAGHFIROH, UMI (2025) PENGEMBANGAN PETA KONSEP BERBASIS NETWORK TREE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207019-UMI MAGHFIROH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1784207019-UMI MAGHFIROH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207019-UMI MAGHFIROH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1784207019-UMI MAGHFIROH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207019-UMI MAGHFIROH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1784207019-UMI MAGHFIROH-BAB 5.pdf
Download (386kB)
Abstract
Penelitian yang di lakukan oleh peneliti ditujukan Karena penggunaan
media peta konsep pada mata pelajaran IPS di SMPI Diponegoro Wagir memiliki
beberapa kekurangan, dikarenakan penggunaan media peta konsep dililai kurang
menarik, yakni dengan menggambar poin peta konsep tersebut pada papan tulis
tanpa ada gambar dan warna yang yang mendukung, sehingga ada beberapa siswa
yang memiliki kemampuan menyimak dan mencatat kurang baik maka mereka
menjadi kurang berkonsentrasi, Maka dari itu, dari analisis kendala dan
permasalahan tersebut, peneliti ingin meneliti apakah pengembangan peta konsep
berbasis networktree dapat menjadikan pemecahan dari masalah diatas dan apakah
dapat menjadikan siswa menjadi lebih berkonsentrasi dalam proses pembelajaran
IPS yang sedang berlangsung.
Desain yang digunakan mengadopsi model desain ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk Pengembangan ini
berupa media peta konsep berbasis networktree yang telah melalui proses validasi,
yakni ahli media 100%, ahli materi 100%, dan oleh validator angket 100%. Hasil
dari respon siswa yang diperoleh Pada angket respon siswa terhadap metode
terdahulu memperoleh skor sebesar 1353 dengan presentase 83,5% dapat
dikategorikan dengan “cukup valid”. Sedangkan pada angket respon siswa
terhadap metode peta konsep berbasis network tree, siswa memperoleh skor
sebesar 1402 dengan presentase 91,0% dapat dikategorikan dengan “sangat
valid”.Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa adanya
peningkatan konsentrasi siswa setelah menggunakan metode peta konsep berbasis
network tree, siswa dapat memusatan pikiran pada suatu hal dengan cara
menyampingkan hal-hal lain yang tidak berhubungan. Saran peneliti terhadap
guru dan peneliti agar dapat terus mengembangkan peta konsep berbasis network
tree karena materi yang dikembangkan dalam penelitian ini masih sangat terbatas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, Networktree, Konsentrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:26 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:26 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/890 |