PERAN GURU PAI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA SOCIETY 5.0

Agus, Cahyono (2025) PERAN GURU PAI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA SOCIETY 5.0. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010102-AGUS CAHYONO-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010102-AGUS CAHYONO-BAB 1.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010102-AGUS CAHYONO-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010102-AGUS CAHYONO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010102-AGUS CAHYONO-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010102-AGUS CAHYONO-BAB 5.pdf

Download (554kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi atau perilaku siswa MTs Daarus
Salam Bantur di era Society 5.0, dimana pengaruh globlaisasi yang begitu pesat
sehingga berdampak pada perilaku atau akhlak sehari-hari siswa MTs Daarus
Salam yang mana masih ditemukan beberapa siswa yang melakukan perilaku
perilaku yang kurang baik waktu berada di Madrasah.
Maka dari itu penelitian ini memfokuskan pada: bagaimanakah kondisi
akhlak siswa MTs Daarus Salam Bantur di Era Society 5.0, apa tantangan Guru
PAI dalam pendidikan akhlak siswa MTs Daarus salam Bantur di Era Society 5.0,
bagaimanakah peran Guru PAI dalam pendidikan akhlak siswa MTs Daarus salam
Bantur di Era Society 5.0. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi
akhlak siswa MTs Daarus salam Bantur di Era Society 5.0, untuk mengetahui
tantangan Guru PAI dalam pendidikan akhlak siswa MTs Daarus salam Bantur di
Era Society 5.0, dan untuk mengetahui bagaimanakah peran Guru PAI dalam
pendidikan akhlak siswa MTs Daarus salam Bantur di Era Society 5.0.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Dalam
penelitian kualitatif ini di lakukan dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan
deskriptif yaitu metode penelitian yang menggambarkan semua data, keadaan
subjek, objek penelitian kemudian dianalisis dan dibandingkan berdasarkan
kenyataan yang sedang berlangsung pada saat ini.
Dan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kondisi akhlak siswa MTs
daarus Salam pada dasarnya sudah baik akan tetapi masih ditemukan beberapa
siswa yang mempunyai akhlak yang kurang baik, (2) tantangan guru PAI dalam
pendidikan akhlak siswa MTs Daarus Salam Bantur sangat banyak diantaranya
Faktor Internal, Faktor eksternal, dan faktor (3) Guru PAI sangat berperan aktif
dalam pendidikan akhlak siswa MTs Daarus Salam Bantur, hal iitu bisa dilihat
dari upaya-upaya yang telah dilakukannya, seperti keteladanan, pembiasaan, dan
melalui tindakan-tindakan seperti preventif, kuratif dan represif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Pendidikan Akhlak, Era Society 5.0
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:30
Last Modified: 26 Feb 2025 03:30
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item
View Item