BILLAH, AHMAD MU’TASHIM (2025) IMPLEMENTASI NILAI -NILAI KITAB AT-TAHLIYAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS AN-NUR BULULAWANG MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010024-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010024-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 1.pdf
Download (845kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010024-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010024-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010024-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010024-AHMAD MU'TASHIM BILLAH-BAB 5.pdf
Download (340kB)
Abstract
Sikap guru dan peserta didik di zaman ini banyak mengalami
kemrosotan. Guru kurang mempersiapkan dirinya sebagai pendidik dengan tujuan
yang suci dan mulia dan guru melakukan tugasnya tidak lagi dilandasi rasa
keihklasan untuk mengembangkan fitrahnya dan fitrah anak didiknya. Selain itu,
banyak peserta didik yang melanggar aturan dan norma – norma, tidak
menghormati guru, dan tidak lagi mengenal rasa sopan santun, menganggap
gurunya sebagai teman yang setiap saat bisa diajak bercanda bahkan memanggil
guru dengan panggilan nama saja.
Perilaku – perilaku kurang baik menjadikan ilmu tidak bermanfaat bagi
pemiliknya dan akan mencemari lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu,
pelajaran dari referensi terdahulu yang menyoroti masalah ini perlu diulas kembali
untuk menjadikan guru dan peserta didik berada tepat pada hak dan kewajibannya.
Etika dan tata cara menuntut ilmu harus dibuka kembali agar guru dan peserta
didik tidak terjerumus lebih jauh ke dalam hal – hal yang bisa merusak dunia
pendidikan. Mengenai hal tersebut pemikiran Sayyid Muhammad yang tertuang
dalam kitab At-Tahliyah bisa dijadikan sebagai rujukan untuk mengurangi dan
membenahi masalah ini.
Fokus penelitian 1)Bagaimana Nilai-nilai Akhlaq pada kitab At
Tahliyah?.2).Bagaimana Implementasi kitab Akhlaq At-Tahliyah.2).Apa faktor
Pendukung dan Penghambat tentang implementsi Nilai-nilai kitab At-Tahliyah.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui pelaksanaan nilai – nilai
kitab At-Tahliyah dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMA An-Nur
Bululawang Malang. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
dalam pembentukan akhlak peserta didik melalui implementasi kitab At-Tahliyah
di SMA An-Nur Bululawang Malang. 3) Untuk mengetahui implikasi dalam
pembentukan akhlak peserta didik melalui pelaksanaan kitab At-Tahliyah di SMA
An-Nur Bululawang Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif
deskriptif, dengan jenis penelitian field research yakni penelitian lapangan yang di
lakukan di SMA An-Nur Bululawang Malang tepatnya di pondok pesantren An
Nur 2 Al-Murtadlo. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang
digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti
adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara
trianggulasi (gabungan observasi, wawamcara, dokumentasi ), data yang di analisis dengan cara mereduksi yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Dimana pelaksanaan kitab
At-Tahliyah dalam pembentukan akhlak peserta didik dibagi menjadi 3 bagian
yaitu : a. Implementasi nilai kitab At-Tahliyah kepada Allah SWT, b.
Implementasi nilai kitab At-Tahliyah kepada guru dan peserta didik, c.
Implementasi nilai kitab At-Tahliyah kepada Teman. 2) Adapun beberapa faktor
penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kitab At-Tahliyah ini ialah a)
Faktor Penghambat : guru dan peserta didik dalam metode pembelajaran b) Faktor
Pendukung : Sarana dan Prasarana Pembelajaran, materi pembelajaran, guru dan
peserta didik, lingkungan yang berada di Pondok Pesantren.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai – nilai Kitab At-Tahliyah, Akhlak Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:32 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:32 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/902 |