PUTRI, DELA RAHMANDA (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PELITA DAMPIT-MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010044-DELLA RAHMANDA PUTRI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010044-DELLA RAHMANDA PUTRI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010044-DELLA RAHMANDA PUTRI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010044-DELLA RAHMANDA PUTRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (741kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010044-DELLA RAHMANDA PUTRI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010044-DELLA RAHMANDA PUTRI-BAB 5.pdf
Download (204kB)
Abstract
Dalam arti sederhana pendidikan sering diartikan sebagai usaha manusia untuk
membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan
kebudayaan Menurut sudut pandang yang luas pendidikan adalah segala jenis
pengalaman kehidupan yang mendorong timbulnya minat belajar untuk mengetahui
dan kemudian bisa mengerjakan sesuatu hal yang telah diketahui itu. Pendidikan
adalah pengajaran yang di selenggarakan di sekolah dengan pendidikan formal.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama
islam dalam mengatasi perilaku siswa di SMP Pelita Dampit-Malang?, 2) Faktor
faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam mengatasi Kenakalan siswa siswa
di SMP Pelita Dampit?, 3) Bagaimana solusi untuk menghadapi hambatan dalam
mengatasi Kenakalan siswa siswa di SMP Pelita Dampit?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Informan
penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru
keagamaan dan siswa. Penelitian ini menggunakan. teknik pengumpulan data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah, 1). Upaya mengatasi kenakalan siswa Tindakan
Preventif (mencegah). Faktor-faktor yang menjadi penghambat kenakalan siswa, a)
masih kurangnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak. b).kurangnya
pengawasan orang tua terhadap kehidupan pergaulan anak.c).semakin banyaknya
progam televisi yang tidak mendidik.d). kurangnya kesadaran diri dari siswa itu
sendiri.
Solusi menghadapi hambatan dalam mengatasi kenakalan a) Menanamkan
ajaran islam yang lebih mendalam b) Menjalin kerjasama yang baik antara guru
PAI, Kepala sekolah dan guru-guru lainnya.c) Menjalin kerjasama antara pihak
sekolah dengan orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:39 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:39 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/913 |