LUFI, FIRDA IKA INDRIA (2025) UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-AZIZ DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010158-FIRDA IKA INDRIA LUFI- BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010158-FIRDA IKA INDRIA LUFI- BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010158-FIRDA IKA INDRIA LUFI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010158-FIRDA IKA INDRIA LUFI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010158-FIRDA IKA INDRIA LUFI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010158-FIRDA IKA INDRIA LUFI-BAB 5.pdf
Download (222kB)
Abstract
Al-Quran merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi
Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril dan kemurnian ayatnya terjaga
sampai sekarang, melalui perantara hamba-hambanya yang menghafal Al-Quran.
Maka, dengan menghafal Al-Quran adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri
kepada sang khaliq dan pemeliharaan Al-Quran yang secara nyata. Telah banyak
Lembaga-lembaga yang menyediakan Pendidikan dan ilmu Al-Quran, dan
menghafal Al-Quran. Dan peran guru sangatlah dibutuhkan untuk memberikan
bimbingan, motivasi, strategi dan metode-metode menghafal demi keberhasilan
siswa atau peserta didik dalam menghafal Al-Quran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan
Tahfidzul Quran di MA AL-Aziz, upaya-upaya yang dilakukan guru tahfidz dalam
meningkatkan kemampuan menghafal serta hambatan-hambatan yang
dialami.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun
metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Selanjutnya, data disajikan dalam bentuk deskriptif yang sesuai
dengan fokus penelitian setelah dianalisis dan di cek keabsahan datanya agar mudah
dibaca dan dipahami untuk ditarik kesimpulan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diketahui bahwa proses
pelaksanaan Tahfidzul Qu’ran dilaksanakan setiap hari mulai sabtu sampai dengan
hari rabu, kamis libur dan Jumat untuk kegiatan fashohah.Tidak ada target jumlah
hafalan setiap harinya, hanya penekanan untuk setoran wajib setiap hari baik
setoran tambahan atau murojaah. Batas-batas setoran mulai dari setoran tambahan
maksimal 2 lembar setiap harinya dan satu lembar untuk idealnya, sedangkan
setoran murojaah seperempat jus setiap kali setoran.Waktu setoran dibedakan
menjadi 2 waktu, ba’da subuh untuk anak laki-laki dan ba’da isya’ untuk anak
perempuan, kegiatan dilaksanakan di pondok karena mayoritas siswa yang
mengikuti program merupakan siswa mukim (anak pondok).Upaya yang
dilakukan guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran
siswa yaitu : 1) pemberian motivasi kepada para siswa, 2) mengadakan kegiatan
tasmi’ bagi para siswa yang mendapatkan hafalan kelipatan lima, 3) membimbing
para siswa untuk selalu dan tetap murojaah.Sedangkan faktor penghambat dan
pendukung dalam proses menghafal Al-Quran diantaranya : faktor penghambat : 1)
rendahnya motivasi dalam diri siswa,2), Kedisiplinan yang berbeda,3), alokasi
waktu.Faktor pendukung :1), lingkungan dan tempat menghafal,2), memakai satu
jenis mushaf,3), usia yang ideal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya , Menghafal Al-Quran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:50 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:50 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/928 |