IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN

MAGHFIROH, IFTITAH (2025) IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010003-IFTITAH MAGHFIROH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010003-IFTITAH MAGHFIROH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010003-IFTITAH MAGHFIROH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010003-IFTITAH MAGHFIROH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010003-IFTITAH MAGHFIROH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010003-IFTITAH MAGHFIROH-BAB 5.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran Al-Qur’an serta peneliti ingin mengetahui sejauh mana
metode At-Tartil berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta
didik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1). Bagaimana konsep
metode At-Tartil dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik
SMP NU Sunan Giri Kepanjen? (2). Bagaimana Penerapan metode At-Tartil
dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik SMP NU Sunan Giri
Kepanjen? (3). Bagaimana hasil penerapan metode At-Tartil dalam mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik SMP NU Sunan Giri Kepanjen?.
Sedangkan tujuannya untuk mengetahui sejauh mana metode At-Tartil mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, disebut
pendekatan kualitatif karena merupakan suatu proses penelitian yang
menghasilkan data berbentuk deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Proses implementasi Metode At-Tartil di SMP NU Sunan Giri Kepanjen,
dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu konsep pembelajaran, penerapan dan hasil
penerapan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Hasil penerapan metode At-Tartil
secara garis besar ialah: (a). Meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an
peserta didik. (b). Dapat membaca Al-Qur’an sesuai kaidah hukum tajwid. (c).
Meningkatnya kemampuan menghafal surat-surat pendek dan bacaan sholat
peserta didik. (2). Ada beberapa hambatan dalam penerapan metode At-Tartil,
yaitu: (a). Kurangnya penguasaan penyampaian materi beberapa pengajar. (b).
Kurangnya kesadaran peserta didik untuk masuk kelas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode At-Tartil, Al-Qur’an, Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:52
Last Modified: 26 Feb 2025 03:52
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item
View Item