IMTIHANI, JOKO WALID BIL (2025) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQURAN DI MI ROMLI AFIFAH TAMBAKASRI TAJINAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010110-JOKO WALID BIL IMTIHAN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010110-JOKO WALID BIL IMTIHAN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010110-JOKO WALID BIL IMTIHAN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010110-JOKO WALID BIL IMTIHAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010110-JOKO WALID BIL IMTIHAN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010110-JOKO WALID BIL IMTIHAN-BAB 5.pdf
Download (741kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan
belajar yang dialami siswa Madrasah Ibtidaiyah Romli Afifah Tambakasri pada
materi membaca dan menulis Alqur’an. Hal tersebut disebabkan karena hal
tersebut dianggap sulit oleh siswa karena pembelajaran baca tulis Alquran yang
digunakan adalah metode konvensional dengan menggunakan metode ceramah
dan tanya jawab saja, dalam pelaksanaanya siswa cenderung pasif dan merasa
jenuh.
Berdasarkan atas permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian
ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran Alquran di MI Romli Afifah
Tambakasri. 2) Untuk mengetahui Implementasi Metode Yanbu’a dalam
pembelajaran baca tulis Alquran di MI Romli Afifah Tambakasri. 3) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Yanbu’a
dalam pembelajaran membaca Alquran di MI Romli Afifah Tambakasri.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan jenis penelitian kualitatif
diskriptif dengan jenis penelitian study kasus. Intsrumen kunci adalah peneliti
sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan mereduksi data yang
tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1)metode Yanbu’a yang dipakai di
MI Romli Afifah terdiri dari 7jilid. 2) Implementasi metode Yanbu’a dengan
pembelajaran dibagi per kelas, strategi guru mengikuti yang ada dalam buku
panduan, materi yang diajarkan membaca dan menulis, media yang digunakan
yaitu berupa jilid, alat tulis, dan peraga. 3) Faktor pendukung implementasi
metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Alqur`an yaitu guru dan santri
yang aktif, motivasi orang tua, fasilitas yang memadai, alat peraga. Sedangkan
sebagai penghambat yaitu kurangnya disiplin guru dan santri, ngaji dobel.
Dengan menerapkan metode Yanbu’a lebih dari setengah jumlah siswa
keseluruhan mampu membaca dan menulis Alquran sesuai dengan target materi
yang telah ditetapkan. Sehingga dengan demikian implementasi metode Yanbu’a dapat dikatakan berhasil pada program baca tulis Alquran di MI
Romli Afifah, dengan presentase keberhasilan 50 %.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Yanbu’a, Baca Tulis Alquran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:55 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:55 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/938 |