IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL-AZIZ BANJARPATOMAN DAMPIT

FATIH, KAMAL (2025) IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL-AZIZ BANJARPATOMAN DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010160-KAMAL FATIH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010160-KAMAL FATIH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010160-KAMAL FATIH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010160-KAMAL FATIH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010160-KAMAL FATIH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010160-KAMAL FATIH-BAB 5.pdf

Download (411kB)

Abstract

Tercapainya suatu tujuan pembelajaran juga dapat dipengaruhi oleh
pemilihan komponen media pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan media
gambar. Penggunaan media dapat memudahkan siswa dalam memahami dengan
mudah suatu materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Namun hal tersebut
belum sesuai dengan realita di Madrasah Tsanawiyah Al-Aziz Banjarpatoman
Dampit, guru yang mempersiapkan materi pelajaran dengan memanfaatkan media
gambar, khususnya materi yang sesuai dengan media gambar, melihat adanya
perubahan dalam diri siswa mulai dari proses hingga hasil pembelajaran.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana
pembelajaran fiqih pada kelas VII, 2.) Bagaimana implementasi media gambar pada
pembelajaran fiqih, 3.)apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi media gambar pada kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Aziz
Banjarpatoman Dampit. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pembelajaran fiqih, penggunaan media gambar oleh guru dalam proses
belajar mengajar pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Aziz
Banjarpatoman Dampit serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam
penggunaan media gambar tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang mana
subjek dari penelitian ini adalah guru bidang studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah
Al-Aziz Banjarpatoman Dampit. Objek dalam penelitian ini adalah bagaimana
pembelajaran fiqih dan bagaimana implementasi media gambar serta apa faktor
faktor pendukung dan penghambat oleh guru bidang studi Fiqih. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: proses
pembelajaran dan Penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar bidang
studi Fiqih tergolong cukup baik dan Faktor yang mendukung adalah dari faktor
media, faktor metode dan faktor motivasi, dari ketiga faktor tersebut adalah hal
yang sangat mendukung untuk berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Adapun
faktor penghambatnya adalah faktor terbatasnya media dan kesemangatan siswa
yang terkadang siswa masih merasa malas untuk belajar dan juga masih ada yang
bergurau pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media Gambar, Fiqih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:00
Last Modified: 26 Feb 2025 04:00
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item
View Item