PUTRI, KHOIRUN NISA’ ANZILIKA (2025) EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NAHDLATUL ULAMA’ SUNAN GIRI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010005-KHOIRUN NISA' ANZILIKA PUTRI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010005-KHOIRUN NISA' ANZILIKA PUTRI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010005-KHOIRUN NISA' ANZILIKA PUTRI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010005-KHOIRUN NISA' ANZILIKA PUTRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010005-KHOIRUN NISA' ANZILIKA PUTRI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010005-KHOIRUN NISA' ANZILIKA PUTRI-BAB 5.pdf
Download (419kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masa pemulihan setelah adanya
Pandemi Covid-19, khususnya terkait dengan Akidah Akhlak peserta didik kelas
VIII sebagai pondasi sikap dan karakter peserta didik kedepannya. Selain itu, siswa
yang tertinggal selama pembelajaran daring dapat lebih mudah paham dalam
mengikuti pembelajaran. Metode Storytelling ini dalam pembelajaran Akidah
Akhlak cukup diambil nilai-nilai yang perlu dan dapat dijadikan contoh oleh peserta
didik dengan tidak mengulang kembali materi-materi sebelumnya. Tujuan utama
penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Bagaimana penggunaan metode
Storytelling terhadap hasil pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Sekolah
Menengah Pertama Nahdlatul Ulama’ Sunan Giri Kepanjen. 2). Bagaimana hasil
belajar peserta didik menggunakan metode Storytelling terhadap hasil pembelajaran
akidah akhlak Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama’ Sunan
Giri Kepanjen. 3). Ke-efektifan metode Storytelling terhadap hasil pembelajaran
akidah akhlak Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama’ Sunan
Giri Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan desain dengan rancangan Non Equivalent
Control Group Design pada Pre-Test Post-Test Control Group Design.
Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data
yang digunakan yakni statistik deskriptif, untuk tekniknya analisis komparatif
dengan uji-t yaitu paired sample t-test. Untuk statistik komparatifnya menggunakan
dua sample Independent. Sebelum di uji kedalam statistik data tersebut harus
berdistribusi normal maka dilakukan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran akidah akhlak
peserta didik kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan
metode Storytelling dan data penelitian berdistribusi Normal yakni Hasil yang
didapat dari analisis komparatif uji t paired sample t-test. Diperoleh bahwa nilai t
hitung>t tabel diketahui bahwa t hitung -6,701 dan t tabel 0,374. Karena keputusan
uji sig<a maka keputusannya Ho ditolak, Ha diterima. Maka bunyi hipotesisnya
adalah “Metode Storytelling Efektif digunakan dalam Pembelajaran Akidah Akhlak
Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama’ Sunan Giri
Kepanjen”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode, Storytelling, Akidah Akhlak, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:53 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/946 |