PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENSUKSESKAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR DUA BELAS TAHUN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pada Paket C Tunas Taqwa Tajinan Malang)

SA’ADAH, KHURROTU (2025) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENSUKSESKAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR DUA BELAS TAHUN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pada Paket C Tunas Taqwa Tajinan Malang). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010111-KHURROTU SA;ADAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010111-KHURROTU SA;ADAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010111-KHURROTU SA;ADAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010111-KHURROTU SA;ADAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010111-KHURROTU SA;ADAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010111-KHURROTU SA;ADAH-BAB 5.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seiring dengan kemajuan zaman dan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta untuk menghadapi masa
depan yang penuh tantangan, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang
berkualitas dan bermoral, dengan standar minimal berpendidikan dasar. Untuk itu
pondok pesantren dituntut untuk meningkatkan perannya yaitu dengan membuka
jalur pendidikan formal baik melalui pendidikan sekolah maupun luar sekolah.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah
bagaimana upaya yang dilakukan pondok pesantren dalam menanggulangi
masalah yang ada, peran pondok pesantren dalam mensukseskan program wajib
belajar dua belas tahun di paket C, dan faktor pendukung dan penghambat Pondok
Pesantren Miftahul Huda dalam melaksanakan wajib belajar dua belas tahun di
paket C. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui upaya yang dilakukan pondok
pesantren dalam menanggulangi masalah yang ada, mengetahui peran pondok
pesantren dalam mensukseskan program wajib belajar dua belas tahun di paket C,
dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat Pondok Pesantren
Miftahul Huda dalam melaksanakan wajib belajar dua belas tahun di paket C.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti dalam penelitian
ini bertindak sebagai instrument kunci dan sekaligus sebagai alat pengumpul data
utama. Instrument kunci dalam penelitian ini adalah peneliti yang merupakan
perencana, instrument dan pelaksana pengumpulan data, penganalisis, penafsir
data serta menjadi pelapor dari hasil penelitiannya. Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter.
Hasil penelitian disimpulkan. Upaya yang dilakukan pondok pesantren
Miftahul Huda dalam menanggulangi masalah yang ada antara lain membentuk
donatur dari orang tua santri dan para dermawan, memberikan penyuluhan kepada
para wali santri melalui forum-forum pengajian, mensosialisasikan lewat jama’ah
pengajian, tahlil tentang program kelompok belajar paket C, peran pondok
pesantren Miftahul Huda dalam mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar dua
belas tahun di kelompok belajar paket C Tunas Taqwa Tajinan Malang adalah
sebagai motivator dan sebagai fasilisator. Adapun faktor yang mendukung adalah
tersedianya sarana prasarana, tenaga pengajar (ustadz/ustadzah) yang dapat dijadikan tutor. Dan faktor yang menghambat masalah dana untuk biaya
operasional paket C, masalah sosial budaya masih rendahnya minat wali santri
terhadap pendidikan umum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peranan Pondok Pesantren, wajib belajar pendidikan dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:54
Last Modified: 26 Feb 2025 04:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item
View Item