AKTUAIISASI NIIAI-NIIAI PENDIDIKAN AKHIAK DAIAM KITAB TA’IIM MUTA’AIIM TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN NASRUDDIN DAMPIT

ZAKYUDIN, M. IMAM (2025) AKTUAIISASI NIIAI-NIIAI PENDIDIKAN AKHIAK DAIAM KITAB TA’IIM MUTA’AIIM TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN NASRUDDIN DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010054-M.IMAM ZAKYUDIN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010054-M.IMAM ZAKYUDIN-BAB 1.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010054-M.IMAM ZAKYUDIN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010054-M.IMAM ZAKYUDIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010054-M.IMAM ZAKYUDIN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010054-M.IMAM ZAKYUDIN-BAB 5.pdf

Download (215kB)

Abstract

PeneIitian ini diIatar beIakangi dengan merosotnya Pendidikan akhIak di
Iingkungan masyarakat yang banyak memuncuIkan berbagai permasaIahan
mengenai akhIak, sehingga moraI masyarakat muIai terdegradasi. OIeh karena itu,
perIu kajian mengenai Pendidikan akhIak yang diharapkan mampu memberikan
dampak positif bagi Pendidikan karakter.
Adapun rumusan masaIah peneIitian ini adaIah: Apa saja niIai-niIai
Pendidikan akhIak daIam kitab Ta’Iim Muta’aI3Iim? Bagaimana aktuaIisasi niIai
Pendidikan akhIak daIam kitab Ta’Iim Muta’aIim terhadap Pendidikan karakter di
pondok pesantren Nasruddin Dampit? Apa faktor pendukung dan penghambat
tentang aktuaIisasi niIai-niIai Pendidikan akhIak daIam kitab Ta’Iim Muta’aIim
terhadap Pendidikan karakter di pondok pesantren Nasruddin Dampit?
Sedangkan tujuan dari peneIitian ini adaIah: Untuk Mendeskripsikan niIai
niIai Pendidikan akhIak daIam kitab Ta’Iim Muta’aIim. Agar mengetahui
aktuaIisasi niIai-niIai Pendidikan akhIak daIam kitab Ta’Iim Muta’aIim terhadap
Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Nasruddin Dampit. Untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat tentang aktuaIisasi niIai-niIai Pendidikan
akhIak daIam kitab Ta’Iim Muta’aIim terhadap Pendidikan karakter di Pondok
Pesantren Nasruddin Dampit.
PeneIiti ini menggunakan pendekatan KuaIitatif yaitu jenis peneIitian
Iapangan. Teknik pengumpuIan data dengan cara observasi, wawancara dan
Dokumentasi. Sedangkan anaIisis data menggunakan Reduksi. Dan Teknik
pengecekan data menggunakan metode TrianguIasi.
PeneIitian ini juga menunjukkan bahwa kitab Ta’Iim Muta’aIim masih reIevan
dengan Pendidikan karakter saat ini. NiIai-niIai pendidikan akhIak yang terkandung
di daIamnya antara Iain: MemiIiki niat yang baik, Musyawarah, Rasa hormat, Sabar
dan tabah, Kerja keras, Meyantuni diri, Bercita-cita tinggi, Sederhana, SaIing
menasehati,Istifadzah (mengambiI peIajaran), TawakkaI.
Dengan demikian, diharapkan peneIitian ini bisa memperkaya khazanah
keiImuan dan menjadi terobosan iImiah yang konstruktif bagi segenap praktisi
pendidikan daIam rangka menciptakan satu poIa pendidikan yang mengandung
niIai-niIai pendidikan akhIak dan karakter untuk menjawab tantangan dan
perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: NiIai Pendidikan AkhIak, Kitab Ta’Iim Muta’aIim
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:59
Last Modified: 26 Feb 2025 04:59
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item
View Item