METODE PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KITAB TAYSIRUL KHOLAQ

MASHUDI, MASHUDI (2025) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KITAB TAYSIRUL KHOLAQ. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010114-MASHUDI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010114-MASHUDI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010114-MASHUDI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010114-MASHUDI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010114-MASHUDI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010114-MASHUDI-BAB 5.pdf

Download (640kB)

Abstract

Dalam sejarah kehidupan manusia tidak bisa dijauhkan dengan yang
namanya pendidikan, ketika Alloh menciptakan nabi Adam kemudian Alloh
mengajarkan kepada nabi Adam tentang semua nama nama diduinia ini مدا ملعو
اهلك ءامسلاا, Dan Dia ajarkan kepada adam nama nama benda semua. (QS. Al
Baqarah 30), dari potongan ayat diatas ini menunujukan pendidikan pertama bagi
manusia, ini mengisyaratkan bahwa kodrat manusia adalah berpendidikan kita
sebagai manusia di tuntut untuk selalu belajar agar kita menjadi man usia yang
terdidik dan berperdidikan, sangat pentingnya pendidikan itu terselenggara
dengan teratur dan tertata dengan baik agar supaya tercapai pendidikan tersebut.
Hal ini terikat dengan pembentukan karakter peserta didik agar mampu bersaing,
berakhlak yang baik serta mampu berinteraksi dengan masyarakat lain. Dalam
islam pendidikan karakter dapat dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan
kepada anak didik dalam berfikir, bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai
nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan
tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya sebagai realisas hamba
dan khalifah Allah. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan (1) nilai-nilai
pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab taysirul kholaq karya monumental
Syekh Hafidz Hasan al-Mas’udi (2) menemukan metode yang tepat untuk
penanaman nilai-nilai karakter tersebut.
Adapun metode penulisan yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi pustaka (library
reasearch) yang bercorak deskriptif analitis atau analisis kritis, yaitu mengkaji
gagasan primer mengenai ruang lingkup permasalahan yang dipercaya oleh
gagasan skunder yang relevan. Yang menjadi sumber data primer dari penelitian
ini adala kitab Taysirul kholaq karya Syekh Hafidz Hasan al-Mas’udi, juga
menggunakan sumber skunder untuk penunjang yang berupa kitab-kitab seperti:
(1) Mukasyafatul Qulub karya al-Ghozali (2) Al-Wafi karya Musthofa al-Bugho
(3) Qomi’uthgyan karya Syekh Nawawi al-Bantani (4) Faidur Rohman karya KH.
Abdul Karim Toyyib (5) Adabul Alim wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari.
Dan lain sebagainya dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian yang kami
lakukan.Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, nilai-nilai
pembentukan karakter yang berada di dalam kitab Taysirul Kholaq berjumlah tiga
pendidikan karakter meliputi: pertama. Karakter ubudiyah (
) penghambaan
manusia terhadap Alloh azza wajalla. kedua. Karakter mu’aasyarah ( ة ي دو ب ع ) sikap
sosial manusia terhadap sesama manusia dan makhluk Alloh secara umum ketiga.
Karakter nafsiyah ( ة ر ة ي س ف ن شا ع م ) sikap diri sendiri manusia yang akan terproses menjadi
kepribadian yang baik (akhlakul karimah) serta kepribadian sebaliknya yang
kurang baik (akhlakus sayi’ah). Serta menunjukan metode yang akan menjadikan
tiga pendidikan karakter tersebut menjadi sebuah karakter yang dimiliki oleh
pelajar, pengajar dan manusia pada umumnya, metode tersebut adalah pertama
metode ceramah kedua metode demonstrasi ketiga metode diskusi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter kitab Taysirul Kholaq
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:32
Last Modified: 26 Feb 2025 07:32
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item
View Item