IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VII SMP NU GONDANGLEGI

APRIANI, MISTIA (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VII SMP NU GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010045-MISTIA APRIANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010045-MISTIA APRIANI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010045-MISTIA APRIANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010045-MISTIA APRIANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010045-MISTIA APRIANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010045-MISTIA APRIANI-BAB 5.pdf

Download (408kB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam merupakan pendidikan yang penting
bagi lingkungan hidup manusia, maka penting juga ditanamkan pada diri manusia
nilai-nilai islam yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Mempelajari
pendidikan agama islam di sekolah merupakan tugas guru dengan memberikan
materi, mendidik peserta didik untuk selalu disiplin dalam kegiatan belajar
mengajar, sehingga guru mampu menjadikan peserta didik sesuai dengan visi, misi
dan tujuan yang di harapkan. Dalam pembelajaran ditemukan ada beberapa kendala
dalam upaya tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana cara
implementasi strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran PAI di kelas VII
SMP NU Gondanglegi. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses
pembelajaran yang mempengaruhi strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran
PAI seperti: 1) Untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran inkuiri di SMP NU
Gondanglegi, 2) Untuk mengetahui strategi implementasi pembelajaran inkuiri di
SMP NU Gondanglegi, 3) Untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran
inkuiri di SMP NU Gondanglegi.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep pembelajaran
inkuiri di SMP NU Gondanglegi 2) Bagaimana strategi implementasi pembelajaran
inkuiri di SMP NU Gondanglegi 3) Bagaimana dampak penerapan pembelajaran
inkuiri di SMP NU Gondanglegi
Jenis penelitian yang digunakan peneliti ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu seorang peneliti menggambarkan
meringkas diberbagai kondisi,berbagai realita yang menjadi objek penelitian
dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Tahap pra lapangan, 2) Tahap
pelaksanaan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian
yang diperlukan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi
pembelajaran inkuiri di SMP NU Gondanglegi sudah terlaksana dengan baik hanya
saja krang maksimal, tetapi guru mampu membantu peserta didik untuk
menemukan permasalahan yang terkait dengan mata pelajaran yang sedang
diajarkan, sehingga membantu peserta didik mampu berfikir secara kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:34
Last Modified: 26 Feb 2025 07:34
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item
View Item