PENERAPAN METODE TAHQIQ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI SMP ASSA’IDIYYAH JALIBAR KEPANJEN KAB.MALANG

Zulkifli, M Syifa (2025) PENERAPAN METODE TAHQIQ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI SMP ASSA’IDIYYAH JALIBAR KEPANJEN KAB.MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010130-MUHAMMAD SYIFA ZULKIFLI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010130-MUHAMMAD SYIFA ZULKIFLI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010130-MUHAMMAD SYIFA ZULKIFLI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010130-MUHAMMAD SYIFA ZULKIFLI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010130-MUHAMMAD SYIFA ZULKIFLI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010130-MUHAMMAD SYIFA ZULKIFLI-BAB 5.pdf

Download (466kB)

Abstract

A1-Qur’an sebagai mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW,
belajar membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban kita, sebagai umat Islam
hendaknya melakukan langkah positif untuk mengembangkan pengajaran Al
Qur'an, melihat sekarang ini banyak generasi kita yang belum bisa membaca Al
Qur’an secara baik, apalagi memahaminya, diperlukan media untuk belajar dan
memperdalam kandungan Al-Qur'an, hal itu dengan menggunakan metode dan
tehnik belajar membaca Al-Qur'an yang praktis, efektif, dan efesien, serta dapat
mengantarkan untuk menguasai belajar membaca Al-Qur'an.
Dari latar belakang itulah, penulis melakukan penelitian di SMP
Assa’idiyyah Jalibar Kepanjen Kab.Malang. Guna mengetahui mekanisme
pengajaran Al-Qur’an dengan penggunaan metode Tahqiq di SMP tersebut, maka
penulis merumuskan beberapa permasalahan. Yaitu (1) Bagaimana sejarah
pengembangan bacaan tahqiq dalam pembelajaran Al-Quran di SMP Assa’idiyyah
Jalibar Kepanjen Kab.Malang ? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran Al-Quran
dengan penggunaan bacaan Tahqiq di SMP Assa’idiyyah Jalibar Kepanjen Kab.
Malang? (3) Bagaimana efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode
Tahqiq di SMP Assa’idiyyah Jalibar Kepanjen Kab. Malang?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendiskripsikan sejarah
pengembangan bacaan Tahqiq (2) Mendiskripsikan Implementasi pembelajaran
baca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tahqiq di SMP Assa’idiyyah .(3)
mendiskripsikan efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tahqiq. Guna
menyajikan data ilmiah dan tanpa melakukan manipulasi. Penulis dalam
penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview dan dokumentasi
Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu : (1) Tentang sejarah metode
Tahqiq dari Pondok pesantren Nurul Huda dan pengembangan pembelajarannya di
SMP Assa’idiyyah . (2) Penerapan pembelajaran Baca Al-Qur’an santri dengan
bacaan Tahqiq ketika sebelum mereka belajar dan tinggal di pesantren, di
bandingkan sebelum mereka tinggal dan belajar di pesantren , serta dalam
penerapannya juga menunjang beberapa metode pembelajaran yakni dengan
menggunakan metode sintesis, analisis dan talqin-taqlid (3) Pada metode tahqiq
tedapat efektifitas pembelajaran baca Al-Qur’an yang mana santri mudah
menerima materi dari asatidz, santri dapat menerapkan bacaan dengan baik sesuai
tajwid, adanya peningkatan santri pada makhorijul huruf dan fashohah dalam
pelafadzannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tahqiq, Efektifitas Pembelajaran Baca Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:50
Last Modified: 27 Feb 2025 01:50
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item
View Item