Sa’diyah, Nur’Ani (2025) EFEKTIFITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BABUSSALAM PAGELARAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010144-NUR'ANI SA'DIYAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010144-NUR'ANI SA'DIYAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010144-NUR'ANI SA'DIYAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010144-NUR'ANI SA'DIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (771kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010144-NUR'ANI SA'DIYAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010144-NUR'ANI SA'DIYAH-BAB 5.pdf
Download (197kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang ada di dalam kelas seperti kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam mengatasi hal tersebut pendidik menggunakan salah satu metode pembelajaran yaitu metode diskusi dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dalam penelitian ini akan dipaparkan bagaimana Efektifitas Metode
Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Babussalam Pagelaran Malang. Adapun fokus penelitian ini adalah:(1) Bagimana konsep metode diskusi dalam pembelajaran Penddikan Agama Islam di SMP Babussalam (2) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi di SMP Babussalam dalam
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3)Apakah metode diskusi efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Babssalam Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis
penelitian lapangan. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik dengan langkah: pengumpulan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk uji keabsahan data peneliti ini menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa siswi SMP Babussalam. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa konsep metode diskusi dalam pelaksanaanya ini adalah dengan cara yang pertama guru mengarahkan cara dan aturan dalam berdiskusi, kemudian menentukan materi,dan
barulah siswa-siswi berdiskusi dengan kelompok ataupun antar
kelompok peserta diskusi yang akan didiskusikan, selanjutnya membuat kesimpulan dan mengevaluasi hasil diskusi. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran telah berjalan baik, guru sudah maksimal dalam penggunannya. Artinya di dalam kegiatan pembelajaran itu tujuan yang digunakan telah tercapai dan sesuai harapan. Dengan demikian efektivitas metode pembelajaran diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam sudah efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Pembelajaran, Metode Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:58 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:58 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/981 |