Upaya Guru Dalam Menerapkan Metode Demonstrasi pada Mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Ulum Pagak

Farisa, Riris Rahma (2025) Upaya Guru Dalam Menerapkan Metode Demonstrasi pada Mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Ulum Pagak. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010076-RIRIS RAHMA FARISA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010076-RIRIS RAHMA FARISA-BAB 1.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010076-RIRIS RAHMA FARISA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010076-RIRIS RAHMA FARISA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010076-RIRIS RAHMA FARISA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010076-RIRIS RAHMA FARISA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan di dalam kelas banyak peserta didik yang ramai, tidak fokus dengan pelajaran, berbicara dengan teman yang lain, sulit diatur, kurangnya semangat belajar, dan masih belum memahami bahwa mempelajari ilmu fiqih itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengatasi hal tersebut guru menggunakan metode salah satunya yaitu dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih. Maka peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru dalam menerapkan metode demonstrasi dan langkah-langkah dalam menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih?Bagaimana implementasi guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih? apa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini data yang bersumber dari data primer dan sekunder. Adapun pengumpulan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru fiqih dan siswa Madrasah Tsanawiyah Roudhotul Ulum Pagak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep guru dalam menerapkan metode demonstrasi ini adalah dengan cara memberikan pengertian, memberikan contoh dan beberapa permasalahan dan cara penyelesaiannya. Upaya yang dilakukan dalam menerapkan metode demonstrasi yaitu pada tahap persiapan, guru mempersiapkan rancangan sebelum melakukan kegiatan mengajar, mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan. Pada tahap pelaksanaan, cara guru dapat mengkondisikan kelas, membuat suasana kelas yang menyenangkan. Pada tahap evaluasi, evaluasi guru dengan cara memberikan pertanyaan lisan satu-persatu

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, menerapkan, dan metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:01
Last Modified: 27 Feb 2025 02:01
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item
View Item