PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM MEMPERSIAPKAN SANTRI YANG BERKUALITAS DAN MANDIRI DI TPQ AL-FALAH DUSUN SUMBERAYU SANTREN DAMPIT

Mu’minah, Siti (2025) PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM MEMPERSIAPKAN SANTRI YANG BERKUALITAS DAN MANDIRI DI TPQ AL-FALAH DUSUN SUMBERAYU SANTREN DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010128-SITI MU'MINAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010128-SITI MU'MINAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010128-SITI MU'MINAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010128-SITI MU'MINAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010128-SITI MU'MINAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010128-SITI MU'MINAH-BAB 5.pdf

Download (575kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peranan TPA (Taman Pendidikan al-Qur’an
dalam mempersiapkan santri yang berkualitas dan mandiri. Penelitian ini
membahas tentang pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an pada para
santri di TPQ Al-Falah, kemudian bagaimana peranan TPQ dalam
mempersiapkan santri yang berkualitas dan mandiri, serta Faktor-faktor apa saja
yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran yang ada di TPQ Al
Falah.
Dalam penyusunanya didasarkan pada penelitian lapangan dengan
menggunakan beberapa metode pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul, peneliti menganalisis
data secara kualitatif deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa TPQ (Taman Pendidikan al
Qur’an) memiliki peranan yang besar dalam mempersiapkan santri yang
berkualitas dan mandiri. TPQ juga memiliki peranan yang besar juga bagi
masyarakat,terutama bagi orang tua yang mempunyai anak- anak yang sudah
berada dalam lingkungan yang baik, jauh dari hal-hal yang dapat membawa
mereka kepada hal-hal yang menyesatkan, serta membentuk anak-anak menjadi
generasi yang sejak dini telah mengenal agamanya melaui al-Qur’an dengan cara
belajar membaca dan menulis al-Qur’an. Pelaksanaan pembelajaran baca tulis al
Qur’an di TPQ Al-Falah lebih menekankan pada aspek keterampilan keagamaan
yang paling dasar, yaitu keterampilan membaca dan menulis al-Qur’an,
keterampilan kafiyat shalat lima waktu, serta penguasaan sejumlah hafalan yang
terkait dengan pelaksanaan shalat, surah-surah pendek dan doa harian, serta ayat
ayat pilihan. Adapun faktor pendukung pembelajaran baca tulis al-Qur’an di TPQ
Al-Falah adalah adanya motivasi dari orang tua santri untuk lebih memperhatikan
kemajuan anaknya dalam Baca Tulis al-Qur’an dan adanya keaktifan antara guru
dan siswa dalam proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an serta adanya sifat
keteladanan yang dicerminkan oleh seorang guru. Sedangkan Faktor penghambat
pembelajaran baca tulis al-Qur’an adalah Kurangnya dukungan dari orang tua,
Kurangnya motivasi dari santri itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran TPQ, santri yang berkualitas dan mandiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:07
Last Modified: 27 Feb 2025 02:07
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item
View Item