UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BABUSSALAM BANJAREJO PAGELARAN

Faroh, Tashilatul (2025) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BABUSSALAM BANJAREJO PAGELARAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010174-TASHILATUL FAROH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010174-TASHILATUL FAROH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010174-TASHILATUL FAROH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010174-TASHILATUL FAROH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010174-TASHILATUL FAROH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010174-TASHILATUL FAROH-BAB 5.pdf

Download (425kB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan sikap,
kebutuhan, persepsi dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang.Penelitian ini
di latar belakangi oleh kurangnya minat siswa-siswi dalam belajar Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di Smp Babussalam. Ada beberapa faktor yang
memengaruhi kurangnya minat siswa-siswi dalam belajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam diantaranya karna malas belajar, sudah ada pendidikan
non formal dan pondok pesantren sehingga siswa-siswi sudah merasa cukup
dalam belajar Pendidikan Agama Islam.
Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana
motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi Smp
Babussalam.(2)Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-siswi Smp Babussalam.(3)Apa saja
faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi
belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa-sisi Smp Babussalam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif,
dengan jenis penelitian lapangan. Teknis analisis data menggunakan teknis
analisis data deskripsi kualitatif dengan langkah: Pengumpulan data, Reduksi
data, Penyajian data, Menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, motivasi belajar siswa-siswi pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk kategori baik akan tetapi masih
ada beberapa siswa-siswi yang mempunyai rasa malas dalam belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan sudah ada pendidikan non formal (
madin ). Dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan memotivasi siswa-siswi
dengan cara bercerita lewat pengalaman hidup dan kisah inspiratif, selain itu juga
dilakukan Tanya jawab pelajarn yg sudah diterangkan sehingga membuat suasana
kelas menjadi nyaman dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:10
Last Modified: 27 Feb 2025 02:10
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item
View Item