IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDK DI SMP ISLAM NGEBRUK SUMBERPUCUNG MALANG

Hasanah, Ulfatul (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDK DI SMP ISLAM NGEBRUK SUMBERPUCUNG MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010008-ULFATUL HASANAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010008-ULFATUL HASANAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010008-ULFATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010008-ULFATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010008-ULFATUL HASANAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010008-ULFATUL HASANAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini masyarakat Indonesia telah mengalami berbagai ketimpangan hasil
pendidikan. Budaya yang cenderung negatife akan mempengaruhi tingkah laku
mereka, misalnya kurangnya kesopanan terhadap guru dan Orang tua. Pendidikan
maupun progam yang mengarah pada karakter benar-benar sangat di perlukan.
Pendidikan Agama Islam pada dasarnya merupakan pendidikan yang di anjurkan
oleh Islam sebagai upaya untuk membentengi krisis moral yang semakin
berkembang.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti ini fokus pada rumusan
masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana karakter peserta didik di SMP Islam
Ngebruk?. 2) Bagaimana penerapan Pendidikan Agama Islam di SMP Islam
Ngebruk?. 3) Apa saja faktor pendorong dan penghambat pada Implementasi
Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Peserta
didik SMP Islam Ngebruk Sumberpucung Malang ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan tenik analisis
deskriptif kualitatif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan
metode observasi, interview, dan dokumentasi.
Adanya pengaruh perkembanga zaman tidak menutup kemungkinan bagi
siswa-siswi SMP Islam Ngebruk untuk melanggar kedisiplinan seperi, membolos,
menentang terhadap guru, dan itu merupakan perilaku yang tidak baik. Disinilah,
peran Pendidikan Agama Islam itu sendiri sangat penting dalam membentuk prilaku
(Akhlak) bagi setiap siswa untuk menjadi orang dewasa, mandiri, dan memiliki
akhlak yag baik.
Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa pelaksanaan Pendidikan
Agama Islam sebagai upaya pembentuka karakter religious peserta didik SMP
Islam Ngebruk sudah cukup baik, hal ini terbukti dengan adanya berbagai kegiatan
pembentukan karakter pada siswa-siswinya. Seperti sholat dhuha berjama’ah setiap
sebelum masuk kelas, sholat dhuhur berjama’ah, sholat jum’at wajib di sekolah,
serta membaca doa dan sholawat di pagi hari sebelum pembelajaran di mulai,
berbagai kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan setiap harinya. Dari kegiatan yang
sudah dilakukan peserta didik di SMP Islam Ngebruk, mereka sudah menunjukan
perilaku positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Karakter religius
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:12
Last Modified: 27 Feb 2025 02:12
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item
View Item