Rofiq, Zainur (2025) PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BUDI MULIA PAKISAJI MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010180-ZAINUR ROFIQ HADIYATULLAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010180-ZAINUR ROFIQ HADIYATULLAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010180-ZAINUR ROFIQ HADIYATULLAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010180-ZAINUR ROFIQ HADIYATULLAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010180-ZAINUR ROFIQ HADIYATULLAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010180-ZAINUR ROFIQ HADIYATULLAH-BAB 5.pdf
Download (400kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya gejala-gejala seperti
siswa sulit memahami materi yang diajarkan, malu bertanya saat mengalami
kesulitan merasa bosan dengan metode metode pembelajaran yang digunakan guru
karena
masih bersifat konvensional (dengan metode ceramah).peneliti
menggunakan metode crossword puzzle untuk menciptakan suasana belajar PAI
yang aktif dan menyenangkan, sehingga pembelajaran dapat menciptakan
perubahan tingkah laku baik secara kognitif, afektif maupun psikomototik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana penerapan
metode crossword puzzle di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang? 2)Bagaimana hasil
belajar PAI di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang ? 3)Apakah ada pengaruh metode
crossword puzzle terhadap hasil belajar PAI di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang?
Tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah adalah ; 1) Untuk
mengetahui penerapan metode crossword puzzle di SMP Budi Mulia Pakisaji
Malang. 2)Untuk mengetahui hasil belajar PAI di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang
3)Untuk menguji pengaruh metode crossword puzzle terhadap hasil belajar PAI
siswa di SMP Budi Mulia Pakisaji Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian yaitu quasy eksperimen. Peneliti menggunakan 2 sampel, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest
dan posttest). Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan uji hipotesis yang
sebelumnya data sudah diuji normalitas dan homogenitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode crosssword puzzle memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar PAI siswa. Hasil
pengujian hipotesis menggunakan rumus paired sample test diperoleh nilai t hitung
> t tabel berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh metode crossword puzzle
terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Budi Mulia Pakisaji Malang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh metode crossword puzzle, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:17 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:17 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1010 |