Ro’at, Ainun (2025) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PROKLAMASI KELAS VI MI HIDAYATUL MUTTAQIN BLAYU. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600044-AINUN RO'AT-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600044-AINUN RO'AT-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600044-AINUN RO'AT-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600044-AINUN RO'AT-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600044-AINUN RO'AT-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600044-AINUN RO'AT-BAB 5.pdf
Download (386kB)
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan (proses) belajar mengajar. Terdapat 2
subyek di dalamnya, yaitu guru dan siswa. Tugas dan tanggung jawab utama
seseorang pengajar atau guru ialah mengelola pembelajaran dengan lebih efektif,
dinamis, efisien dan positif yang ditandai dengan adanya kesadaran dan
keterlibatan aktif antara dua subyek pengajaran.
Seorang guru harus
memperhatikan bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang kondusif,
menyenangkan, menggairahkan, dan menarik untuk belajar sehingga dapat
menghasilkan hasil belajar yang maksimal bagi siswanya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan pendekatan kuantitatif. Adapun model PTK yang digunakan adalah model
Kemmis & Mc Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti antara lain : 1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Dalam pengumpulan
data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi:
observasi, angket, lembar tes, dan dokumentasi. Rumusan masalah dari penelitian
ini adalah guru kurang kreatif dalam menguasai kelas, waktu untuk mengajar
terbatas dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Sedangkan tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 materi proklamasi
melalui media audiovisual di MI Hidayatul Muttaqin Blayu.
Hasil penelitian yang dilakukan di MI Hidayatul Muttaqin menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi proklamasi. Pada awal
observasi(pra siklus) menunjukkan hasil belajar siswa yang tuntas 25% dan 75%
siswa belum tuntas. Pada siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan
menjadi 50% tuntas. Pada siklus 2 hasil belajar siswa yang tuntas menjadi 83,4%,
sedangkan yang belum tuntas hanya 16,6% dari jumlah siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Hasil Belajar, Proklamasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:32 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:32 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1018 |