Sari, Diva Novita (2025) METODE MATH REAL WORLD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI DATAR SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU NURUL ISLAM PRONOJIWO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600023-DIVA NOVITA SARI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600023-DIVA NOVITA SARI-BAB 1.pdf
Download (878kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600023-DIVA NOVITA SARI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600023-DIVA NOVITA SARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600023-DIVA NOVITA SARI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600023-DIVA NOVITA SARI-BAB 5.pdf
Download (449kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata
pelajaran matematika materi geometri datarkelas IV MI Ma’arif NU Nurul Islam
Pronojiwo. Berbagai faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang
mempengaruhi pemahaman siswa seperti: metode yang digunakan guru kurang
menarik sehingga pemahaman siswa menurun pada pembelajaran matematika.
Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode Math Real
World agar pemahaman peserta didik meningkat.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode
Math Real World pada mata pelajaran matematika materi geometri datar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif NU Nurul Islam Pronojiwo?
Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas IV
MI Ma’arif NU Nurul Islam Pronojiwo dengan menggunakan metode Math Real
Word.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan Kuantitatif. Adapun model PTK yang dipakai yaitu model Kemmis dan
Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus
II. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)
Observasi, 4) Refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrument
penelitian yang diperlukan yaitu : tes, lembar observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelotian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Math Real
World terbukti dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dibuktikan dengan
hasil tes evaluasi. Pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik mencapai 63,6%
dengan rata-rata 70,5 . Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik mengalami
peningkatan mencapai 77,3% dengan rata-rata 79,5.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Math Real World, pemahaman siswa, dan geometri datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:33 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:33 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1019 |