UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATAH JATISARI TAJINAN

Khamidah, Imro’atul (2025) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATAH JATISARI TAJINAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600009-IMRO'ATUL KHAMIDAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600009-IMRO'ATUL KHAMIDAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600009-IMRO'ATUL KHAMIDAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600009-IMRO'ATUL KHAMIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600009-IMRO'ATUL KHAMIDAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600009-IMRO'ATUL KHAMIDAH-BAB 5.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa,
salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti disini adalah melakukan ice
breaking. Ice breaking ini dilakukan untuk mengkaji dan menguraikan sesuai
rumusan masalah yakni “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui
Kegiatan Ice Breaking Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Al Fatah Jatisari Tajinan”. Tujuan dilakukannya Ice Breaking adalah
untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran matematika melalui kegiatan Ice Breaking.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus, yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan
secara intensif, terperinci, dan mendalam pada kasus yang terjadi. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Upaya-upaya meningkatkan motivasi
belajar siswa melalui kegiatan Ice Breaking yang peneliti temukan dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama, Guru mengawali pembelajaran dengan Ice Breaking
sebagai apersepsi guna untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di awal
sebelum memulai pembelajaran. Kedua, guru juga menyelipkannya di bagian
akhir dari kegiatan inti guna untuk menghilangkan rasa bosan yang ada pada
siswa sekaligus melihat apakah siswa benar-benar bisa menerima materi yang
telah disampaikan setelah siswa menerima materi pembelajaran. Disini pada
bagian akhir kegiatan inti, guru menggunakan Ice Breaking jenis games yaitu
menggunakan estafet penghapus papan tulis. Dan saat semua dilaksanakan tentu
seorang guru telah memenejemen waktu sebaik mungkin, sehingga penyampaian
materi pembelajaran dan kegiatan Ice Breaking mampu berjalan dengan baik
sesuai rencana pembelajaran yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kegiatan Ice Breaking, Pelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:35
Last Modified: 27 Feb 2025 03:35
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item
View Item