Arumawatiningsih, Luzizah (2025) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 DI DESA PUROREJO KEC. TEMPURSARI KAB. LUMAJANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600019-LUZIZAH ARUMA WATINGNGSIH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600019-LUZIZAH ARUMA WATINGNGSIH-BAB 1.pdf
Download (942kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600019-LUZIZAH ARUMA WATINGNGSIH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600019-LUZIZAH ARUMA WATINGNGSIH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (630kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600019-LUZIZAH ARUMA WATINGNGSIH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600019-LUZIZAH ARUMA WATINGNGSIH-BAB 5.pdf
Download (274kB)
Abstract
Latar Belakang penelitian ini rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas 5 di Desa Purorejo Kec. Tempursari Kab. Lumajang. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika disebabkan oleh beberapa hal diantaranya : kurangnya peran guru dalam
menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar di kelas, dan kurang terampil mengerjakan soal yang diberikan guru. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya terdapat faktor motivasi belajar
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : Adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas 5 di Desa Purorejo Kec. Tempursari Kab. Lumajang ?. Sedangkan tujuannya untuk
mengetahui adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas 5 di Desa Purorejo Kec. Tempursari Kab. Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian yang melibatkan populasi dengan jumlah populasi 45 siswa. Data dikumpulkan
dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dari 30 butir soal yang diuji coba, terdapat 21 soal yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,883.
Tenik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : rata-rata/mean motivasi belajar siswa kelas 5 SD/MI Lumajang adalah 85,36 atau dalam kategori tinggi, ratarata/mean hasil belajar siswa kelas 5 SD/MI Lumajang adalah 83,60 atau
dalam kategori sedang, dan terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD/MI
Lumajang. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,492>0,294) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 ( 0,000 < 0,05 )
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:38 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:38 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1025 |