Sholihah, MarAtus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAP ( PICTURE)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI VEGETABLE PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD MAGIC BOX DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAP ( PICTURE AND ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI FRUITS AND VEGETABLE KELAS IV MI AL USMAN KOTA MALANG IV MI AL USMAN KOTA MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600001-MAR'ATUS SHOLIHAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600001-MAR'ATUS SHOLIHAH-BAB 1.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600001-MAR'ATUS SHOLIHAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600001-MAR'ATUS SHOLIHAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (912kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600001-MAR'ATUS SHOLIHAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600001-MAR'ATUS SHOLIHAH-BAB 5.pdf
Download (184kB)
Abstract
Pendidikan adalah proses pembelajaran untuk memberikan perubahan diri pada seseorang (siswa) baik dari segi sikap spiritual, pengetahuan, kognitif, dan keterampilan.
Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang masuk ranah mulok (muatan lokal) sejak tahun 1994 yang diterapkan hampir seluruh sekolah mulai tingkat sekolah
dasar sampai perguruan tinggi, Bahasa Inggris perlu diterapkan pada saat ini dikarenakan pertama pada anak usia dini belajar bahasa lebih mudah ditangkap, kedua pada zaman yang serba digital sekarang ini yang mana semua sistem kehidupan menggunakan Bahasa Inggris, dengan adanya bahasa Inggris pada usia Sekolah Dasar lebih
mempermudah untuk menerima teknologi yang digunakan. Di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Usman Kota Malang metode pembelajaran bahasa inggris yang telah disebutkan diatas sudah diterapkan pada setiap pertemuan atau pada saat pembelajaran berlangsung. Namun sangat disayangkan dalam penggunaan media pembelajaran masih kurang menarik minat siswa, media yang digunakan oleh guru hanya poster yang
digambar sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media flash card magic box dengan menggunakan metode pap (picture and picture) untuk
meningkatkan hasil belajar pembelajaran bahasa inggris materi fruits and vegetable kelas IV MIAl Usman Kota Malang.
Jenis penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan desain pengembangan menggunakan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, dan implementasi), untuk menghasilkan produk tertentu yang bersifat analisis kebutuhan menggunakan metode kualitatif atau survei dengan uji kefektifan produk menggunakan model eksperimen. Sampel yang dipilih untuk penelitian yaitu kelas IV dengan jumlah
24 siswa. Hasil validasi media pertama mendapatkan presentase 65% artinya cukup valid dan harus direvisi. Validasi media setelah direvisi mendapatkan skor 91% yang artinya valid dan tidak perlu revisi. Hasil dari validasi ahli materi yakni 75% artinya valid dengan
revisi sesuai saran. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pre test-post test sudah mencapai nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 86 yang sebelumnya 75.
Kemudian adapula hasil uji coba Beta kepada 3 siswa (kelompok kecil) memperoleh skor rata-rata 80 untuk pretest dan 90 untuk posttest. Uji coba pada kelompok sedang, 6 siswa memperoleh skor pretest 75 dan posttest 85. Hal ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa penggunaan pada pengembangan media pembelajaran flash card magic box
mampu secara efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris materi buah dan sayuran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flash Card Magic Box, Metode Picture and Picture, Fruits and Vegetable |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:42 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:42 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1027 |