Farida, Rizqi (2025) PENERAPAN METODE EJA DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MI MIFTAHUL ULUM DUSUN BANJARSARI KECAMATAN BULULAWANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600028-RIZQI FARIDA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600028-RIZQI FARIDA-BAB 1.pdf
Download (840kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600028-RIZQI FARIDA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600028-RIZQI FARIDA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600028-RIZQI FARIDA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600028-RIZQI FARIDA-BAB 5.pdf
Download (376kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran membaca pada siswa kelas awal (Kelas I) di MI Miftahul Ulum Dusun Banjarsari Kecamatan Bululawang, namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang memiliki
kemampuan membaca rendah. Dari 27 siswa, hanya sekitar 5 hingga 8 siswa (29,6%) yang sudah dapat mengenali huruf, kata, maupun kalimat tanpa bantuan/intervensi dari orang lain. Belum diterapkannya metode maupun media
pembelajaran yang bersifat atraktif oleh guru, menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pada siswa.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eja dengan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa Kelas I MI Miftahul Ulum Dusun Banjarsari Kecamatan Bululawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan pendekatan mix methods. Adapun model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang tiap siklus meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan, meliputi: lembar tes kognitif, lembar tes praktik/unjuk kerja, pedoman observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa Kelas I
MI Miftahul Ulum Dusun Banjarsari Kecamatan Bululawang terbukti mengalami peningkatan melalui penerapan metode eja dengan media flash card, hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata nilai uji psikomotorik, dari 59,26 pada
pelaksanaan Pra Siklus, menjadi 68,52 pada pelaksanaan Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,11 pada pelaksanaan Siklus II. Demikian pula dengan persentase
ketuntasan belajar juga meningkat dari 29,63% pada pelaksanaan Pra Siklus, menjadi 59,26% pada pelaksanaan Siklus I, bahkan pada pelaksanaan Siklus II
meningkat hingga menjadi 92,59%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eja, Kemampuan, Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:48 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1034 |