PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI DI MI MAKARIMAL AKHLAQ BANTUR

Adiwijaya, Wahyu Khrisna (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI DI MI MAKARIMAL AKHLAQ BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-208642600036-WAHYU KHRISNA ADIWIJAYA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-208642600036-WAHYU KHRISNA ADIWIJAYA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-208642600036-WAHYU KHRISNA ADIWIJAYA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-208642600036-WAHYU KHRISNA ADIWIJAYA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-208642600036-WAHYU KHRISNA ADIWIJAYA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-208642600036-WAHYU KHRISNA ADIWIJAYA-BAB 5.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata
pelajaran IPA materi Alam semesta dan benda benda langit pada kelas VI MI
Makarimal Akhlaq bantur. Berbagai faktor yang peneliti temui dalam proses
pembelajaran yang mempengaruhi pemahaman siswa seperti: metode yang
digunakan guru kurang menarik sehingga pemahaman siswa menurun pada
pembelajaran IPA. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan
metode Descovery Learning dengan menggunakan Media Adobe Flash agar
pemahaman peserta didik meningkat.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penggunaan
metode Descovery Learning pada mata pelajaran IPA materi alam semesta dan
benda – benda langit dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI
Makarimal Akhlaq Bantur? Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan
pemahaman IPA siswa kelas VI MI Makarimal Akhlaq Bantur dengan
menggunakan metode Discovery Learning.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan pendekatan Kuantitatif. Adapun model PTK yang dipakai yaitu model
Kemmis dan Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui 2 siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2)
Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti
menggunakan instrument penelitian yang diperlukan yaitu : tes, lembar observasi,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA
kelas VI MI Makarimal Akhlaq . Data pra siklus rata-rata keberhasilan hasil
belajar yang diperoleh oleh siswa VI adalah 68,9 dan persentase ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 38,9% . Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada
siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 18 orang, siswa yang tidak tuntas ada 8
orang siswa dengan nilai memiliki nilai rata-rata sebesar 73,7 dan persentase
ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 55,5%. Berarti ada kenaikan nilai rata-rata
pra siklus ke siklus I sebesar 16,6%. Pada kegiatan siklus kedua nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 79,5 dengan rincian 15 siswa sudah tuntas
dan 3 anak masih belum tuntas. Selama pelaksanaan siklus II, hasil belajar siswa
menunjukkan peningkatan secara signifikan dan telah mencapai target
keberhasilan yaitu 83%. Dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke
siklus II sebesar 27,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Aplikasi Adobe Flash, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:54
Last Modified: 27 Feb 2025 03:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item
View Item