Zahroh, Zahroh (2025) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI INDERA PENDENGARAN KELAS 4 DI MI DIPONOGORO SRIMULYO-DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600020-ZAHRO-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600020-ZAHRO-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600020-ZAHRO-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600020-ZAHRO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600020-ZAHRO-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600020-ZAHRO-BAB 5.pdf
Download (474kB)
Abstract
Secara umum kemampuan peserta didik khususnya kelas 4 di MI
Diponogoro-Srimulyo Dampit dalam memahami materi alat indera pendengaran
manusia tergolong rendah, rendahnya pemahaman Siswa dibuktikan dengan hasil
belajar, serta kurangnya partisipan siswa. Maka untuk mengatasi masalah tersebut
peneliti menggunakan Media Audio Visual agar untuk dapat meningkatkan
pemahaman siswa dan aktivitas belajar siswa. Dalam Pengumpulan data peneliti
menggunakan instrumen tes kognitif.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah
penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa pada
Pembelajaran Tematik Materi Alat Indera Pendengaran di Kelas 4 MI Diponogoro
Srimulyo -Dampit?, 2) Apakah Penggunaan Media Audio Visual dapat
Meningkatkan Pemahamanan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Materi Alat
Indera Pendengaran di Kelas 4 MI Diponogoro Srimulyo -Dampit?.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) Pendekatan Campuran ( Mixed Approach). Adapun Model
PTK yang dipakai yaitu model kemmis dan tagart, peneliti melakukan dua siklus
yaitu siklus I dan Siklus II. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah: 1)
Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan 4) Refleksi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pada siklus I Presentase ketuntasannya
mencapai 69,6%. Pada siklus II Mengalami peningkatan yang cukup signifikan
ditunjukan dengan rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 81,5 dengan presentase
ketuntasan belajar sebesar 92,5%. Adapun Aktivitas siswa tergambarkan dalam
rubrik penilaian aktivitas siswa, yakni sebelum penggunaan media audio visual
72% siklus I 85% siklus II 95%. Adapun Aktivitas Aktivitas ini dapat dilihat
dirubrik penelitian.
Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Audio Visual
dapat meningkatkan pemahaman dan Aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik
materi indera pendengaran manusia di MI Diponogoro Srimulyo-Dampit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Meningkatkan Pemahaman Pemahaman,Aktivitas Siswa, Materi Indera Pendengaran Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:56 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:56 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1040 |