IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK 8 SUBTEMA 1 Pb 1 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS (ASPEK PROSES) SISWA KELAS III SD ANAK SHOLEH FULL DAY SITIARJO

Jalil, Abdul (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK 8 SUBTEMA 1 Pb 1 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS (ASPEK PROSES) SISWA KELAS III SD ANAK SHOLEH FULL DAY SITIARJO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206033-ABDUL JALIL-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206033-ABDUL JALIL-BAB 1.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206033-ABDUL JALIL-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206033-ABDUL JALIL-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206033-ABDUL JALIL-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206033-ABDUL JALIL-BAB 5.pdf

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya implementasi pembelajaran tematik yang seharusnya serta rendahnya literasi sains siswa kelas III SD Anak Sholeh Full Day. Beberapa faktor yang terjadi yang mengakibatkan
hal ini terjadi, yaitu kurangnya persiapan guru dalam proses mengajar, model pembelajaran tematik tidak terrealisasikan dan metode mengajar yang terus menerus dengan berpusat kepada guru. Maka untuk mengatasi problem tersebut
penelitian membahas bagaimana mengimplementasikan sebuah model pembelajaran Project Based Learning agar mampu meningkatkan literasi sains (aspek proses) siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah dengan
Implementasi model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik 8 Subtema 1 Pb 1 dapat meningkatkan literasi sains (aspek proses) siswa kelas III SD Anak Sholeh Full Day Sitiarjo?”. Sedangkan tujuannya adalah untuk
mengetahui apakah Implementasi model pembelajaran PjBL dalam Pembelajaran Tematik 8 Subtema 1 Pb 1 dapat meningkatkan literasi sains (aspek proses) pada pembelajaran tematik di kelas III SD Anak Sholeh Full Day Sitiarjo”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model PTK yang digunakan adalah
model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Instrument penelitian yang diperlukan meliputi wawancara, lembar observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran PjBL terbukti dapat meningkatkan literasi sains (aspek proses)
siswa. Pada pra siklus kemampuan literasi sains hanya sebesar 60% (kurang terlihat), siklus I meningkat 1 jadi 72% (Cukup terlihat). Peneliti melanjutkan ke
siklus II dan mendapat skor sebesar 82.7%. hal ini menunjukkan pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran PjBL mampu meningkatkan
literasi sains siswa kelas III SD Anak Sholeh Full Day. Kriteria dengan penghitungan N-Gain skor literasi sains (aspek proses) siswa pada saat proses
pembelajaran berlangsung dapat terlihat peningkatan skor dari 0,30 (rendah) menjadi 0,50 (sedang)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl), aktivitas dan literasi sains (aspek proses) siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:57
Last Modified: 27 Feb 2025 03:57
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item
View Item