PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD KELAS II PADA MATERI MENGENAL PECAHAN SEDERHANA

Islami, Zuhed (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD KELAS II PADA MATERI MENGENAL PECAHAN SEDERHANA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206004-AHMAD ZUHED ISLAMI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206004-AHMAD ZUHED ISLAMI-BAB 1.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206004-AHMAD ZUHED ISLAMI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206004-AHMAD ZUHED ISLAMI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206004-AHMAD ZUHED ISLAMI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206004-AHMAD ZUHED ISLAMI-BAB 5.pdf

Download (524kB)

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian dan pengembangan ini adalah
kurangnya media pembelajaran yang digunakan, pembelajaran masih
cenderung menggunakan media LKS, nilai siswa masih dibawah KKM,
siswa sulit memahami materi pembelajaran, hasil belajar masih rendah,
siswa kesulitan memahami materi pembelajaran. Hal ini yang
mengakibatkan siswa merasa bosan dalam belajar sehingga hasil belajar
menjadi kurang baik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah
untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kevalidan media pembelajaran
video animasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas II SD
Negeri 3 Plaosan Wonosari Malang materi mengenal pecahan sederhana dan
juga untuk mengetahui kognitif siswa kelas II materi mengenal pecahan
sederhana.
Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE :
(1) Analisys (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation.
Setelah melakukan pengembangan produk, produk yang dihasilkan di ajukan
validasi kepada ahli materi dan ahli media kemudian di revisi setelah
mendapatkan validasi, kemudian media di uji cobakan pada siswa, indikator
hasil belajar kognitif diketahui dari setelah siswa melakukan tes tulis pretest
dan juga posttes mengalami peningkatan nilai yang diperoleh. Adapun
instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah angket validasi ahli media
dan angket validasi ahli materi, juga angket respon dari siswa.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Plaosan Desa Plaosan
Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, dengan pengambilan data berupa
pretest dan juga postest, hasil perolehan data pada tes tulis pretest siswa yang
nilainya di atas KKM berjumlah 3 anak dengan ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 30% sedangkan pada tes tulis posttest siswa yang nilainya di
atas KKM berjumlah 8 dengan hasil ketuntasan belajar mencapai 80 % .
berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran video animasi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa
sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Animasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:58
Last Modified: 27 Feb 2025 03:58
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item
View Item