Mesiyati, Mesiyati (2025) PENGEMBANGAN MEDIA WEB MENGGUNAKAN SLIDESHOW BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206028-MESIYATI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206028-MESIYATI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206028-MESIYATI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206028-MESIYATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206028-MESIYATI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206028-MESIYATI-BAB 5.pdf
Download (349kB)
Abstract
Penelillitan dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber literasi sains siswa di SDN Ardirejo 4 Kepanjen. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah : 1) pandemi Covid-19, 2) keterbatasan sumber belajar, 3) keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran online. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mengembangkan media web menggunakan
slideshow berbasis etnosains untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV
sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian yaitu : 1) mengetahui validitas media web
berbasis etnosains pada materi keberagaman budaya dalam upaya menigkatkan
literasi sains siswa, 2) mengetahui tingkat keberhasilan media web dalam
meningkatkan literasi sains siswa SDN Ardirejo 4 Kepanjen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SDN 4 Ardirejo dengan jumlah 25
siswa kelas IV dan 5 Siswa Kelas V. Produk yang dikembangkan berupa media
pembelajaran web menggunakan slidesow berbasis etnosains.
Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran web menggunakan
slideshow berbasis etnosains layak digunakan. Hal tersebut dilihat dari hasil
validasi ahli materi yang memperoleh presentase 96% dengan kategori layak, hasil
validasi ahli media 93% dengan kategori layak, dan keterlaksanaan pembelajaran
98% dengan kriteria terlaksana dengan baik. Hasil pengembangan media
pembelajaran web menggunakan slideshow berbasis etnosians terbukti dapat
meningkatkan literasi sains. Hal ini dilihat dari hasil ketercapaian indikator literasi
sains siswa pada kelompok kecil yaitu : 1) melakukan penelusuran literatur yang
efektif memperoleh presentase 81%, 2) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang
valid memperoleh presentase 80%, 3) memahami elemen desain penelitian dan
dampaknya terhadap temuan/kesimpulan memperoleh presentase 81%. Sedangkan
kelompok besar yaitu : 1) melakukan penelusuran literatur yang efektif memperoleh
presentase 82%, 2) mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid memperoleh
presentase 80%, 3) memahami elemen desain penelitian dan dampaknya terhadap
temuan/kesimpulan memperoleh presentase 84%. Perhitungan menggunakan uji n
gain kelompok kecil presentase sebesar 0,69 dan uji n-gain kelompok besar 0,7.
Kedua data tersebut termasuk dalam kategori “sedang” menurut kriteria faktor gain
yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian adalah media pembelajaran
web menggunakan slideshow berbasis etnosains layak diterapkan dalam membantu
meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Web, Etnosains, Literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:28 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:28 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1058 |