Yusuf, Muhamad (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SLIDE GANTUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERHANA BULAN KELAS 6 SD ISLAM AS-SA’ID KALIPARE. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206051-MUHAMAD YUSUF-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206051-MUHAMAD YUSUF-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206051-MUHAMAD YUSUF BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206051-MUHAMAD YUSUF BAB 5.pdf
Download (385kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206051-MUHAMAD YUSUF-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206051-MUHAMAD YUSUF-BAB 1.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bermula dari observasi dan wawancara dengan guru
bahwasannya hasil belajar siswa Kelas VI (enam) SD Islam As-Sa’id Kalipare
masih kurang maksimal, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran
seperti media pembelajaran slide gantung. Penelitian ini dibatasi pada materi
Gerhana Bulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh yang signifikan post-test kelas eksperimen menggunakan media
pembelajaran slide gantung dan kelas kontrol pada materi Gerhana Bulan kelas 6
SD Islam As-Sa’id Kalipare.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Quasi
Experimental design. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan: tes,
observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakuan uji hipotesis, dilakukan terlebih
dahulu uji validitas, uji reabilitas, Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Setelah
itu dilakkan uji hipotesis dengan independent sample t test menggunakan alat
analisis software SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media pembelajaran slide
gantung terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerhana
Bulan kelas 6 SD Islam As-Sa’id Kalipare. Nilai rata-rata nilai pre-test kelas
eksperimen sebesar 61,67 dan kelas kontrol 67,22. Sedangkan nilai rata-rata post
test kelas eksperimen sebesar 83,89 dan kelas kontrol 74,44. Dari selisih kenaikan
nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 22,22. Sedangkan
selisih kenaikan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 6,72.
Kemudian dari hasil SPSS 22.0 juga diketahui nilai signifikansi pada independent
sample t test benrnilai 0,002dimana nilai tersebut menyatakan kurang dari 0,05,
maka hipotesis dari penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan
hasil post-test kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran slide gantung
dan kelas kontrol pada materi Gerhana Bulan kelas 6 SD Islam As-Sa’id Kalipare.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media pembelajaran slide
gantung hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Slide Gantung, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:36 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1061 |