PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 9 SUBTEMA 3 KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Umah, Ninda Kholilatul (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 9 SUBTEMA 3 KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-188620606022-NINDA KHOLILATUL UMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-188620606022-NINDA KHOLILATUL UMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-188620606022-NINDA KHOLILATUL UMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-188620606022-NINDA KHOLILATUL UMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-188620606022-NINDA KHOLILATUL UMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-188620606022-NINDA KHOLILATUL UMAH-BAB 5.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran
yang tidak variatif sehingga menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan
berpikir kritis siswa. Guru dalam kegiatan pembelajaran seharusnya dapat
menciptakan suasana belajar yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir
kritis siswa, dengan berbagai metode pembelajaran yang tersedia, contohnya
seperti penggunaan metode index card match. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran index card match
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
desain quasi experimental (percobaan semu) yang terdiri dari analisis, pretest,
dan posttest. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan observasi, dilanjutkan
dengan pelaksanaan pretest terhadap kedua kelas (kontrol dan eksperimen),
dilanjutkan dengan pemberian perlakukan terhadap kelas kontrol dan
eksperimen, serta diakhiri dengan pemberian posttest kepada kedua kelas
(kontrol dan eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan non tes, tes dengan pretest dan pottest sedangkan non tes dengan
wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif
dan iferensial. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Uji data statistik sebelum
hipotesis yaitu dengan uji validitas butir soal, uji reliabilitas butir soal, uji daya
pembeda, uji tingkat kesukaran soal, uji normalitas serta uji homogenitas data.
Validitas konstruk dan isi instrumen penelitian sebesar 97% serta
validitas secara empiris butir soal dengan kriteria Rhitung > dari Rtabel, reliabilitas
diperoleh hasil 0,932 dengan interpretasi sangat baik. Hasil uji normalitas
posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,200 dan 0,200 sehingga
keseluruhan data dinyatakan berdistribusi normal karena nilai Lhitung > Ltabel .
Hasil uji homogenitas data nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas
eksperimen sebesar 0,408 dan 0,960 sehingga data dinyatakan berdistribusi
homogen karena > dari nilai signifikansi (0,05) . Hasil uji hipotesis dengan ujit
menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel (4,793 > 1,795) sehingga
pengambilan keputusan hasil penelitian adalah H0 ditolak dan Ha diterima,
yang artinya terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran index card
match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:37
Last Modified: 27 Feb 2025 04:37
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item
View Item