Azizah, Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206018-NUR AZIZAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206018-NUR AZIZAH-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206018-NUR AZIZAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206018-NUR AZIZAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206018-NUR AZIZAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206018-NUR AZIZAH-BAB 5.pdf
Download (728kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar
tematik siswa kelas 3 SDN 01 Sukoraharjo. Faktor yang mempengaruhi rendahnya
minat belajar siswa yaitu: 1). keterbatasan media pembelajaran yang digunakan
dalam proses pembelajaran tematik dimana penyampaian materi sebagian besar
melalui buku pegangan tematik; dan 2). dampak dari Covid-19 yang harus
mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Oleh karena
itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif
berbasis google sites untuk meningkatkan minat belajar tematik siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development)
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 01 Sukoraharjo dengan jumlah 35 siswa.
Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis google
sites.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
presentase dan uji N-gain.
Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran google sites layak digunakkan sebagai media pembelajaran. Hal
tersebut dilihat dari hasil validasi ahli media yang memperoleh presentase sebesar
96% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli materi sebesar 97%
dengan kategori sangat layak, respon guru sebesar 92% kategori sangat layak,
respon siswa kelompok kecil sebesar 97% dan respon siswa kelompok besar
presentase 96% dengan kategori sangat layak. Hasil penggunaan media
pembelajaran google sites ini terbukti dapat meningkatkan minat belajar tematik
siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest siswa kelompok kecil sebesar 60%, hasil
posttest sebesar 93%, sedangkan hasil pretest siswa kelompok besar 39% dan hasil
posttest memperoleh presentase sebesar 86%. Adapun perhitungan menggunakan
uji n-gain kelompok kecil presentase sebesar 0,82 dan uji n-gain kelompok besar
0,78. Kedua data tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi” menurut kriteria faktor
gain yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran Google Sites efektif digunakan dalam
meningkatkan minat belajar tematik siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media GOOGLE SITES, Minat Belajar Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:40 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:40 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1065 |