Karningsih, Sri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS LINK WEB BERBANTU LINKEDIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206017-SRI KARNINGSIH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206017-SRI KARNINGSIH-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206017-SRI KARNINGSIH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206017-SRI KARNINGSIH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206017-SRI KARNINGSIH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206017-SRI KARNINGSIH-BAB 5.pdf
Download (443kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKN kelas V SDN 2 Kebobang.
Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu: 1) dampak
pandemi Covid-19 yang harus mengoptimalkan pemanfatan teknologi
sebagai media pembelajaran; 2) keterbatasan ketersediaan media
pembelajaran
yang
disajikan
sehingga
sebagian
materi
ditransformasikan melalui buku pegangan siswa (tematik); 3) pembelajaran
tidak bersifat kontekstual dengan lingkungan tempat tinggal siswa.
besar
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1)
Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development
(pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation
(evaluasi). Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran PPKN
berbasis link web berbantu linkedin. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 2 Kebobang yang berjumlah 19 siswa. Teknik dan
instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk
kerja dan dokumentasi.
Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PPKN berbasis
link web berbantu linkedin layak digunakan sebagai media pembelajaran
dengan validasi ahli media sebesar 100% dengan kriteria sangat layak,
validasi ahli materi sebesar 98% dengan kriteria sangat layak, respon guru
sebesar `100% dengan kriteria sangat layak, respon siswa kelompok kecil
dan kelompok besar mendapat presentase sebesar 98% dan 98% dengan
kriteria sangat layak. Media LINK WEB Berbatu LINKEDIN dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan
postest.
Persentase peningkatan hasil belajar siswa menggunakan
perhitungan klasikal pada kelompok kecil sebesar 71%, pada kelompok
besar sebesar 70%. Adapun perhitungan menggunakan N-gain pada
kelompok kecil memperoleh skor sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi, pada
kelompok besar memperoleh skor sebesar 0,69 dengan kriteria sedang.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran PPKN berbasis link web berbantu linkedin efektif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran PPKN, Linkedin, kelayakan, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:51 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1071 |