Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV di Masa Pandemi Covid-19

Fuadah, Widdatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV di Masa Pandemi Covid-19. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206003-WIDDATUL FUADAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206003-WIDDATUL FUADAH-BAB 1.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206003-WIDDATUL FUADAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206003-WIDDATUL FUADAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206003-WIDDATUL FUADAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206003-WIDDATUL FUADAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Jengoolo. Faktor yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar siswa yaitu keterbatasan ketersediaan media pembelajaran yang disajikan sehingga sebagian besar materi ditransformasikan melalui buku pegangan siswa (tematik). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis canva yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang layak digunakan adalah (RnD) Research and Development dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis Canva. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenggolo yang berjumlah 37 Siswa. Teknik dan alat yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembejaran layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 98% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. validasi media ahli praktisi sebesar 97% dengan kategori sangat layak, validasi materi ahli praktisi 93% dengan kategori sangat layak. media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest-post test. Persentase peningkatan motibasi belajar siswa menggunakan perhitungan klasikal kelompok kecil sebesar 58% pada kelompok besar sebesar 86%dengan memperoleh kenaikan sebesar 26% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Indikator keberhasilan pada penelitian ini untuk mengetahui tercapainya tingkat motivasi belajar peserta didik. Fungsi dari penelitian ini adalah untuk memberikan umpan balik kepada guru dan peserta didik. dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 05:08
Last Modified: 27 Feb 2025 05:08
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item
View Item