Anggraini, Nur Fitri (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II UNIRA MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201050-NUR FITRI ANGGRAINI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201050-NUR FITRI ANGGRAINI-BAB 5.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201050-NUR FITRI ANGGRAINI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201050-NUR FITRI ANGGRAINI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (732kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201050-NUR FITRI ANGGRAINI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201050-NUR FITRI ANGGRAINI-BAB 5.pdf
Download (395kB)
Abstract
Motivasi berperan penting bagi kehidupan mahasiswa yang masih berada dibangku
perkuliahan maupun didunia pendidikan. Motivasi tidak pernah lepas dari peran
penting untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu dari peran motivasi dengan adanya
dukungan sosial. Dukungan sosial adalah hubungan interpersonal yang melibatkan
dua orang atau lebih untuk memenuhi kebutuhan dasar individu dalam
mendapatkan rasa aman, hubungan sosial, persetujuan dan kasih sayang.
Kurangnya dukungan sosial pada mahasiswa/i dapat mempengaruhi nilai IPK yang
menurun, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial
terhadap mahasiswa psikologi. Mengetahui pengaruh dari motivasi belajar
mahasiswa. Dan untuk mengetahui adakah pengaruh dukunga sosial terhadap
motivasi belajar mahasiswa semester II Unira Malang. Metode yang digunakan
adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa semester II Unira Malang dengan 146 subyek. Teknik pengambilan
sampel Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan
teknik accidental sampling, merupakan pemilihan sampel berdasarkan faktor
spontanitas. Sedangkan pengumpulan data dukungan sosial diadaptasi dari
penelitian yang dilakukan oleh Syihabuddin Idris (2018) dan skala motivasi belajar
diadaptasi dari penelitian yang dilakukan Satriadi (2014). Dengan variabel
Dukungan sosial terdiri dari aspek : Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan,
Dukungan Informasi, Dukungan Instrumental. Variabel Motivasi Belajar terdiri
dari aspek : Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh anatara dukungan sosial
dengan motivasi belajar dengan hasil nilai signifikan yang diproleh lebih kecil dari
nilai taraf signifikan yang telah ditentukan yaitu 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak,
Ha diterima (artinya ada pengaruh) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 06:38 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 06:38 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1090 |