PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 06 TERHADAP KECEMASAN ORANG TUA

Indarwati, Riska (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 06 TERHADAP KECEMASAN ORANG TUA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201054-RISKA INDARWATI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201054-RISKA INDARWATI-BAB 1.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201054-RISKA INDARWATI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201054-RISKA INDARWATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201054-RISKA INDARWATI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201054-RISKA INDARWATI-BAB 5.pdf

Download (275kB)

Abstract

Di masa pandemi sekarang ini, di mana seluruh orang diharuskan menjaga jarak
demi terputusnya rantai penyebaran COVID-19 yang menyerang seluruh dunia dan
berdampak kepada aspek-aspek kehidupan. Tidak terkecuali pada aspek pendidikan,
mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi yang mengubah metode pembelajaran yang
semula secara konvensional sekarang menjadi pembelajaran jarak jauh atau online.
Karena kondisi yang sangat tidak mendukung pembelajaran tatap muka, pembelajaran
online menjadi solusi yang dirasa efektif dan efisien. Belajar dari rumah tanpa
pendampingan dari guru secara langsung membutuhkan kerjasama antara guru dan
orang tua di rumah. Dengan kondisi seperti ini banyak orang tua yang mengeluh karena
belum bisa bahkan tidak bisa membagi waktu antara mendampingi anak atau bekerja,
sehingga dapat berpengaruh terhadap kondisi kecemasan.
Pembelajaran online ini juga dilaksanakan oleh Taman Kanak-kanak, fokus
pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pembelajaran daring pada anak usia dini
di TK Diponegoro 06 Sumbertempur terhadap kecemasan orang tua. Dan bertujuan
untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring pada anak usia dini di TK
Diponegoro 06 terhadap kecemasan orang tua.
Dari hasil perhitungan uji normalitas menggunakan uji shapiro wilk sebesar
0,966 dengan signifikansi 0,428 >0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran daring
berdistribusi normal. Dan kecemasan menggunakan uji mann whitney memperoleh
hasil asymp. Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh. Dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh dengan adanya pembelajaran daring terhadap kecemasan orang
tua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, kecemasan, orang tua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:41
Last Modified: 27 Feb 2025 06:41
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item
View Item