Rofiuddin, Moh. (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS AL-KHOIROT KARANGSUKO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MOH. ROFIUDDIN-20842071012-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MOH. ROFIUDDIN-20842071012-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MOH. ROFIUDDIN-20842071012-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MOH. ROFIUDDIN-20842071012-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MOH. ROFIUDDIN-20842071012-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MOH. ROFIUDDIN-20842071012-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al-Khoirot Karangsuko. Banyak faktor yang peneliti temukan dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi aktivitas
dan hasil belajar. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah penggunaan media domino card dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS materi penjelajahan samudra oleh bangsa barat di MTs Al
Khoirot Karangsuko. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Desain Quasi Experimental Design yang dipilih
adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi : lembar observasi,
tes, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah 81 siswa dan sampel sebanyak 47 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Sampling Purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media domino card terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh hasil uji hipotesis dengan teknik analisis regresi linier. menunjukkan besarnya nilai korelasi / hubungan R yaitu sebesar 0,482, kemudian besarnya
presentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang di sebut dengan koefisien determenasi yang merupakan hasil pengkuadratan R. Nilai koefisien determinasi R square yang di peroleh sebesar 0,233 yang berarti bahwa pengaruh
variabel bebas yakni media Domino card terhadap variabel terikat yakni Hasil belajar sebesar 23%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
dari penggunaan media kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di Mts Al-Khoirot. Berdasarkan hasil uji Paired Sampel t-Test yang telah dilakukan, Nilai t tabel pada kelas ekperimen dengan df 22 yaitu 1,717 dan pada kelas kontrol dengan df 23 yaitu 1,714. Dengan demikian, karena nilai t hitung 17,702 > t tabel 1,717 untuk kelas eksperimen dan nilai t hitung
12,173 > t tabel 1,714 untuk kelas kontrol, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara sebelum dan dan sesudah
diterapkannya media kartu domino maka hal ini menunjukkan bahwa media kartu domino efektif digunakan pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Al-Khoirot.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Domino Card, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:21 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1563 |