Bastomi, Achmad (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MUHADHARAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTS AL IHSAN JERU TUREN KAB. MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130034-ACHMAD BASTOMI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130034-ACHMAD BASTOMI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130034-ACHMAD BASTOMI-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130034-ACHMAD BASTOMI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130034-ACHMAD BASTOMI-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130034-ACHMAD BASTOMI-BAB 6.pdf
Download (968kB)
Abstract
Pendidikan modern menekankan pentingnya pembentukan karakter siswa, termasuk disiplin dan tanggung jawab, untuk menghadapi tantangan kehidupan. MTs Al Ihsan Jeru Turen di Kabupaten Malang mengimplementasikan program Muhadharah sebagai upaya menanamkan karakter tersebut. Muhadharah
merupakan kegiatan latihan pidato rutin yang bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum serta menanamkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab.
Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana implementasi program Muhadharah dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MTs Al Ihsan Jeru Turen, 2) Apa saja hambatan dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui program Muhadharah, dan 3)
Bagaimana solusi dari problematika yang menghambat tumbuhnya karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui program Muhadharah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas program Muhadharah dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab, mengidentifikasi hambatan yang dihadapi, serta merumuskan solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan
guru, siswa, dan staf sekolah, serta analisis dokumen terkait program Muhadharah. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Muhadharah di MTs Al Ihsan Jeru Turen dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Program
ini efektif dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa melalui keteraturan, ketepatan waktu, dan partisipasi aktif siswa. Hambatan yang dihadapi termasuk kurangnya motivasi siswa dan dukungan dari orang tua. Solusi
yang diusulkan mencakup peningkatan motivasi siswa melalui pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua untuk mendukung program Muhadharah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Muhadharah, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:18 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:18 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1568 |